Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 23:46


DAMPAK BANJIR BAGI KESEHATAN MASYARAKAT DI KALA MUSIM HUJAN YANG  MENERJANG KAMPUNG PONDOK PABRIK

Hujan deras yang tidak menentu yang mengguyur kota langsa mengakibatkan banjir dan genangan air di beberapa gampong yang berada di kota langsa, termasuk kampong pondok pabrik. Hujan deras adalah hujan yang turun dengan sangat cepat atau bias pula dimaknai sebagai hujan yang lebat yang bias juga mengakibatkan sakit dan bencana alam seperti banjir

Banjir merupakan peristiwa yang setiap tahunnya menjadi bahan pembicaraan, yang dimana bencana alam ini tidak bias di prediksi kapan kedatangannya, bencana ala mini tidak bisa sembarangan di tangani karena harus memiliki penanganan khusu dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, maupun warga itu sendiri.

Umumnya penyebab banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi, permukaan tanah lebih rendah dibandingkan muka air laut, wilayah terletak pada suatu cekungan yang di kelilingi perbukitan dengan sedikit resapan air, alitan selokan tidak lancer akibat terhambat oleh sampah dan kurangnya pepohonan yang dapat menyerap air.Banyak juga rumah yang berada di kampung pondok pabrik yang tenggalam, banyak warga yang takut akan banjir tersebut

Tepatnya di desa pondok pabrk sendiri ketika dilanda hujan deras ada beberapa tempat yang mengalami banjir dan juga tidak sedikit pula yang mengalami sakit pada musim hujan yang tidak menentu ini. Ada yang demam batuk hingga pilek. Disini selalu masyarakat dihimbau agar menjaga kesahatannya di saat musim hujan seperti ini.

Di Indonesia yang beriklim tropis ini pada musim kemarau berkepanjangan adalah kondisi yang sangat baik bagi perkembangan bakteri, virus, jamur dan parasit karena kelembaban udara pada musim kemarau cukup tinggi. Mikroorganisme-mikroorganisme tersebut tumbuh dengan sangat subur dan dapat bertahan hidup lebih lama. Kondisi ini menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri dan udara semakin banyak terjadi seperti penyakit kulit akibat jamur. Selain itu, udara yang hangat adalah pertanda bagi bunga untuk melakukan penyerbukan. Umumnya, orang alergi dengan benda-benda kecil seperti serbuk bunga. Sehingga, kondisi ini menyebabkan peningkatan penyakit akibat alergi meningkat.

Perubahan Iklim juga menyebabkan cuaca ekstrim dan sulit ditebak. Di satu wilayah, bisa saja terjadi hujan terus-menerus yang disertai dengan angin kencang dan menyebabkan banjir. Sementara di wilayah lain terjadi kemarau berkepanjangan hingga mengeringkan sawah, ladang dan sumber-sumber air masyarakat. Belum lagi suhu ekstrim yang disebabkan terik matahari dapat membakar kulit.

Cuaca ekstrim seperti hujan kencang yang terjadi terus-menerus akan menyebabkan banjir jika daratan tidak siap menampung limpahan air yang banyak. Kondisi banjir menyebabkan lingkungan kotor dan menjadi lingkungan yang sangat baik bagi sarangga dan nyamuk penyebar penyakit untuk hidup dan bereproduksi. Dengan kondisi seperti ini, kasus penyakit seperti malaria dan demam berdarah dengue akan sangat banyak, sampai pada titik endemik. Sementara kondisi ekstrim lingkungan mempengaruhi daya tubuh manusia sehingga mudah sekali menjadi sakit.

Menurut warga yang berada di kampong pondok pabrik, di saat musim hujan seperti sekarang ini pasti terjadidnya banjir di kamung tersebyt. Hal ini menyebabkan sejumlah rumah warga menjadi kotor, kendaraan teredendam banjir, perabotan rumah tangga yang hamper seluruhnya terendam banjir dan juga ada beberapa petani yang sangat di rugikan akibat hujan ini  sendiri, petani merugi akibat gagal panen disaat musim hujan, ada juga warga yang tidaka bisa berdagang di karenakan rata-rata mata pencaharian warga setempat yaitu petani atau pedagang.

Salah satu warga kampung pondok pabrik mengatakan “Kami merasa disulitkan dengan adanya banjir ini karena kami sulit untuk keluar mencari rezeki di karenakan banjir di daerah rumah kami, dan kami juga di rugikan di karenakan perabotan rumah tangga kami banyak yang rusak” ujar salah satu warga.

Kegiatan KKN ini sangat bagus, dalam arti kepedulian kepada warga. Program KKN ini sangat membantu warga, karena tim KKN IAIN Langsa kampung pondok pabrik bukan hanya sekedar melakukan program KKN tapi juga peduli dengan warga sekitar tempat KKN tersebut. Terrmasuk tempat warga yang terkena bencana, kegiatan mahasiswa KKN IAIN Langsa ini sangat positif karena sudah ada niatan dan usaha untuk membangun warga sekitar.

Selain hal ini, warga di sekitar kampong pondok pabrik tersebut tidak dapat beraktivitas seperti biasanya di akibatkan banjir dan juga sakit, karena di pondok pabrik sendiri banyak orang bekerja kantoran seperti PNS dan yang lain-lain. Kami sebagai mahasiswa pun sulit untuk melakukan kegiatan perkuliahan di karenakan sulit akses jalan menuju kampus itu sendiri.

Harapan kami hadirnya mahasiswa KKN untuk desa pondok pabrik ini dapat membantu warga sekitar yang terkena dampak banjir ini, kami sangat berterima kasi kepada seluruh perangkat desa dan seluruh warga Kampung Pondok Pabrik yang sudah menerima kami dengan baik untuk KKN di Kampung Pondok Pabrik.


Ditulis Oleh : SYAUQAS RAHMATILLAH

0