Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 23:35


KEGIATAN GOTONG ROYONG SETELAH DAMPAK BANJIR DI KAMPUNG PONDOK PABRIK

Gotong royong adalah bekerja sama-sama atau saling tolong - menolong dalam mengerjakan sesuatu antara satu dengan yang lainnya. Gotong-royong sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terutama mereka yang membentuk komunitas-komunitas, karena dalam komunitas seperti ini akan terlihat dengan jelas. Gotong-royong terjadi dalam beberapa aktivitas kehidupan, seperti gotong-royong dalam bentuk kerjabakti, dilakukan untuk kepentingan bersama;  Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bergerak dalam kegiatan sosial.kemasyarakatan dalam perbaikan gampong.

Belakangan ini sering terjadi hujan yang sangat deras tiada henti sehingga menyebabkan banjir di daerah Kampung Pondok Pabrik Kebun Lama. Banjir yang terjadi di kota ini tidak hanya di pondok pabrik saja tetapi ada di beberapa tempat seperti Kampung Lengkong, Kampung Karang Anyar, dan daerah Lapangan Merdeka. Banjir ini disebabkan karena kondisi drainase yang buruk, pembuangan smapah di sungai, hingga akibat rob. Pondok kampung pabrik menjadi salah satu wilayah yang terendam banjir ketika hujan deras. Berdasarkan penuturuan warga sekitar, banjir nyang terjadi di wilayah ini  diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Kondisi salauran air yang tidak mampu mengalirkan air dengan baik dmengkibatkan air meluap ke jalan hingga ke pemkuekimah penduduk

Banjir menjadi keresahan bagi warga di karenakan warga setempat ada yang rumahnya berada d bawah jalan, banyak warga juga yang belum menyadarkan bahwa banjir tidak hanya disebabkan karena peristiwa alam. Banjir juga bisa terjadi karena kelalaian manusia sendiri. Dengan cara menyadarkan masyarakat bahwa tidak semua terjadi karena peristiwa alam dan bisa terjadi karena manusia adalah cara yang efektif karena sekaligus bisa menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika menjaga lingkungan, tidak hanya menghindari dari banjir tetapi bisa menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. Kesadaran tersebut yang hatrus ditumbuhkan kepada masyarakat.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Langsa melaksanakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan setalah banjir. Gotong royong itu dilaksanakan di tempat mereka melakukan KKN yaitu Kampung Pondok Pabrik.

“Gotong royong merupakan salah satu wujud nyata gaya hidup ramah lingkungan. Gotong royong memiliki banyak sekali manfaat baik bagi lingkungan. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawatt. Sumber penyakit seperti malaria, demam berdarah dan virus-irus lainnya dapat dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit, membuat lingkungan menjadi indah”

Di desa Pondok Pabrik Kebun Lama. Perangkat Desa kampung pondok pabrik kebun lama, dan Mahasiswa melakukan gotong royong di Pondok Pabrik Kebun Lama. Sarana untuk menjaga kebersihan lingkungan di balai desa, maka dilakukan gotong royong. Sebelum dilakukan gotong royong, masyarakat yang berada di sekitar taman balai desa ini terbiasa membuang sampah sembarangan. Dan terdapat sekolahan yang membuat siswa juga meniru perlakuan masyarakat untuk membuang sampah sembarangan.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN IAIN Langsa berinisiatif untuk mendampingi dan mendukung kegiatan gotong royong ini untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman agar dapat menghidupkan kembali kebiasaan gotong royong dan membuang sampah di tempatnya. 

Kegiatan ini dilakukan pada hari Jum'at (9/12/2022) bersama dengan beberapa warga dari Desa Pondok Pabrik. Kegiatan ini dimulai dengan membersihkan rumput liar, dan mengambil sampah berserakan yang ada di taman tersebut, dilanjutkan dengan memberikan beberapa sentuhan hiasan seperti memberi warna pada pohon yang ada di taman, dan juga membuang batu yang berserakan.

Kegiatan akhir dari gotong royong ini adalah menempatkan beberapa spot trash bag untuk dijadikan sebagai tempat sampah agar warga yang datang ke taman balai desa ini membuang sampah pada tempatnya. "Banyak dari warga yang berdatangan untuk membantu gotong royong, menjadikan semangat tersendiri bagi kami"

Tujuan utama program KKN Gotong Royong adalah membentuk karakter bangsa yang berintegritas, bekerja keras dan bergotong royong dari masyarakat. Surat Pernyataan Izin dari Orang Tua maupun Wali untuk mengikuti seluruh tahapan KKN dan bersedia memenuhi target luaran kegiatan yang ditetapkan.

Kegiatan positif seperti ini harus tetap kita jaga, terutama kegiatan gotong-royong untuk membersihkan saluran yang menjadi salah satu solusi dalam mengatasi banjir pada musim hujan.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan sebagai salah satu upaya pencegahan banjir selama musim hujan terjadi, sadarnya masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih, dan sebagai salah satu media pengerat antar masyarakat.

Kegiatan ini juga diberi respon positif oleh Pihak Kelurahan dan masyarakat sekitar seperti yang dikutip dari pernyataan salah satu partisipan "Terima kasih telah mengajak warga daerah sini bersih-bersih selokan, selokan yang kotor ini penyebab disini sering banjir. Semoga hal ini membuat warga sini melek agar tidak lagi membuang sampah di selokan terutama anak-anak.

Harapan kami hadirnya mahasiswa KKN untuk desa pondok pabrik ini dapat membantu warga sekitar yang terkena dampak banjir ini, kami sangat berterima kasi kepada seluruh perangkat desa dan seluruh warga Kampung Pondok Pabrik yang sudah menerima kami dengan baik untuk KKN di Kampung Pondok Pabrik.

0