Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 22:48


   Gambar. Mahasiswa KKNT-KS dengan kepala sekolah dalam perpustakaan yang telah dihias


KEINDAHAN DAN KENYAMANAN PADA PERPUSTAKAAN MEMBUAT MINAT MEMBACA PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MIS KUALA BEUGAK

Minat baca merupakan suatu ketertarikan untuk dapat mengartikan atau menafsirkan media kata-kata dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Dengan adanya minat baca dapat mendorong seseorang untuk giat memperluas pengetahuannya. Upaya dalam meningkatkan minat baca kepada anak harus dimulai pada ruanglingkup keluarga, agar anak terbiasa membaca sampai dia dewasa nanti.

Menurut (Anjani, Dantes, dan Arawan, 2019: 75) “Minat baca adalah kecenderungan jiwa seseorang secara mendalam yang ditandai dengan perasaan senang serta berkeinginan kuat untuk membaca tanpa adanya paksaan.”  

Minat membaca berpengaruh besar terhadap kesuksesan anak sehingga perlu ditumbuhkan sejak dini. Orang tua harus membiasakan dan mengarahkan anaknya secara teratur untuk banyak membaca untuk dirinya sendiri, maka dalam diri anak akan tumbuh kebiasaan menjadi pembaca dini yang memiliki minat baca alamiah. Untuk itu minat baca ini perlu ditumbuhkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Masa anak merupakan waktu yang tepat untuk menumbuhkan kebiasaan. Keefektifan tersebut dimulai dengan memperkenalkan huruf, belajar mengeja kata dan kemudian belajar memaknai kata-kata dalam suatu kalimat yang memiliki arti. Setelah anak-anak memiliki kemampuan membaca, perlu dilanjutkan dengan memberikan bahan bacaan yang menarik dan representatif terhadap perkembangan anak. Bahan bacaan yang menarik dapat menggugah minat anak untuk membaca buku, sehingga akan membentuk kebiasaan membaca. Jika kebiasaan membaca sudah tertanam pada diri anak, maka setelah dewasa akan menjadi suatu kebutuhan dalam hidup mereka. Sehingga kebiasaan individu yang dilakukan secara terus menerus dan turun temurun akan dapat menciptakan budaya membaca di kalangan masyarakat.

Sekolah adalah peran penting bagi anak-anak dimana adanya perpustakan yang membuat minat membaca pada anak anak meningkat. Tapi hal ini sangat di sayangkan pada salah satu sekolah swasta yang ada di desa seumatang muda itam. Dimana sekolah tersebut tidak memiliki perpustakaan hal ini membuat anak-anak sangat minim tentang ilmu pengetahuan.

Dengan adanya program ini kami mahasiswa KKNT-KS mendukung adanya perpustakaan agar anak-anak bisa paham tentang manfaatnya membaca. Disini kami membantu para guru menghias ruang kosong untuk dijadikan perpustakaan. Kami menghias dinding ruangan seindah mungkin agar para murid senang untuk membaca dan nyaman pada saat menempati ruang perpustakaan.

Ditulis Oleh :

Vera Yuanda, Ria Puspita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa

Email:

[email protected]

[email protected]

0