Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 22:35


PENERAPAN NILAI BUDAYA POSITIF GOTONG ROYONG DI GAMPONG PAYA BUJOK TEUNGOH KOTA LANGSA


Bekerja secara bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu atau sering terdengar ditelinga kita dengan kata “gotong royong” adalah sebuah kegiatan yang menjadi budaya di seluruh pelosok negeri ini di kegiatan masing-masing. Nilai-nilai yang terdapat dalam budaya gotong royong salah satunya adalah merekatkan tali persatuan antar-individu dalam sebuah kelompok masyarakat. Kegiatan ini seperti menghilangkan semua perbedaan yang ada di setiap invidu, melebur menjadi satu diatas semua kepentingan pribadi.

Salah satu jenis kegiatan gotong royong adalah bersih-bersih lingkungan di sekitar pemukiman di daerah tertentu. Masyarakat dengan segala peralatannya berkumpul dan secara bersama-sama melakukan bersih-bersih di lingkungan masing masing. Nikmat dipandang, kualitas udara yang segar, lingkungan yang jauh dari segala macam penyakit, nyaman dihuni, adalah beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong dalam hal kebersihan lingkungan.

Mahasiswa KKN IAIN Langsa melakukan kegiatan gotong royong membersihkan kantor geuchik Gampong Paya Bujok Teungoh, dimana kegiatan ini dilaksanakan untuk menyadarkan masyarakat bahwa pentingnya bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan agar masyarakat mempunya kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Lingkungan yang bersih akan menciptakan suasa yang nyaman dan terhindar dari penyakit.

Mahasiswa KKN melakukan pembersihan sampah dan pencabutan rumput liat yang sudah tumbuh di sekeliling kantor geuchik. Kantor geuchik merupakan tempat yang banyak didatangi oleh masyarakat jika ada keperluan dalam urusan desa. Oleh karena itu bukan hanya dari segi pelayanan, kebersihan lingkungan di sekitar kantor juga harus dijaga agar warga desa yang berkunjung nyaman dan puas .

 secara bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu atau sering terdengar ditelinga kita dengan kata “gotong royong” adalah sebuah kegiatan yang menjadi budaya di seluruh pelosok negeri ini di kegiatan masing-masing. Nilai-nilai yang terdapat dalam budaya gotong royong salah satunya adalah merekatkan tali persatuan antar-individu dalam sebuah kelompok masyarakat. Kegiatan ini seperti menghilangkan semua perbedaan yang ada di setiap invidu, melebur menjadi satu diatas semua kepentingan pribadi.

Salah satu jenis kegiatan gotong royong adalah bersih-bersih lingkungan di sekitar pemukiman di daerah tertentu. Masyarakat dengan segala peralatannya berkumpul dan secara bersama-sama melakukan resik-resik (bersih-bersih) di lingkungan masing masing. Nikmat dipandang, kualitas udara yang segar, lingkungan yang jauh dari segala macam penyakit, nyaman dihuni, adalah beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong dalam hal kebersihan lingkungan.


 Team penulis:

1. Syahdu Ramayani (1012019042), FTIK IAIN LANGSA, PRODI PAI, MAHASISWA KKN 2022

2. Shabrina (1012019065), FTIK IAIN LANGSA, PRODI PAI, MAHASISWA KKN 2022

0