Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 22:22


Tempe sebagai makanan yang paling banyak digemari oleh semua kalangan umur bisa dijadikan sebagai sumber usaha bagi masyarakat. Tempe sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita karena mengandung vitamin dan protein yang tinggi.

Namun tidak semua masyarakat bisa mengolah tempe dirumah masing-masing sebab beberapa faktor, seperti tidak adanya mesin penggiling untuk kacang, ataupun tidak tahu cara membungkus tempe dengan benar, dan banyak sebab lainnya.

Oleh karena itu, menginovasikan tempe mentah menjadi stick tempe crispy sangat disambut dengan antusias oleh warga desa Geudubang Aceh, tepatnya pada dusun I Keude Rambe, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh.

Tempe sendiri sebenarnya bisa diolah menjadi berbagai macam makanan tidak hanya di goreng biasa, tempe sendiri bisa diolah menjadi pendamping masakan lain seperti gulai, semur, soto, rendang, pecel, di tumis, juga olahan tempe orek, tempe bacem, tempe mendoan, tempe penyet kemanggi, nuget tempe, burger tempe, tempe salted egg, sambel tempe teri, steak tempe saus bbq, lodeh tempe, sate lilit tempe, perkedel tempe, oseng tempe, bakso tempe, serta olahan tempe saus tiram, tempe teriyaki, kripik tempe, pepes tempe, chessy ball tempe, bahkan cake tempe dan masih banyak lagi. Semua itu dapat kita olah dengan menggunakan bahan utama yaitu Tempe dengan rasanya yang enak tentunya juga dengan rempah-rempah yang dapat menjadikan berbagai olahan tempe yang lezat.

 

Alasan pemilihan olahan stick tempe krispy sendiri karena rasanya yang lezat serta bisa di jadikan cemilan ataupun pendamping makan nasi. Karena rasanya yang gurih dan tentunya banyak di gemari mulai dari kalangan anak-anak pastinya, Remaja, maupun orang-orang tua. Juga karena cara pengolahannya yang mudah tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama, juga mudah di contoh oleh para warga khususnya Ibu-Ibu warga Desa Geudubang Aceh.

Menginovasikan tempe mentah menjadi stick tempe crispy selain memberikan ide jualan atau usaha baru, juga membuat ibu-ibu rumah tangga desa geudubang aceh mendapatkan resep masakan baru untuk sehari-hari. Salah satu ibu-ibu rumah tangga yang mendapatkan ide baru untuk berjualan adalah Ibu rubama yang berprofesi sebagai pedagang. Kemudian dengan adanya kegiatan ini Ibu-ibu rumah tangga jadi lebih mengetahui sebenarnya banyak jenis olahan makanan yang bisa di buat menggunakan bahan utama yang berasal ari tempe.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan stick tempe crispy sangatlah mudah dijangkau dan tergolong murah, diantaranya yaitu: tempe mentah yang sudah jadi (lebih baik mengunakan tempe yang padat dengan ukuran yang terlalu kecil), tepung lalu terigu, telur, penyedap rasa, serta tepung panir, dan minyak goreng. Untuk tepung terigu & penyedap rasa itu opsional bisa di ganti dengan tepung serbaguna yang laintetapi harga yang di keluarkan akan sedikit lebih mahal.

Kegitatan Proses pembuatan stick tempe crispy dilakukan disalah satu rumah warga Desa Geudubang Aceh bertempat di Dusun I Keude Rambe yang melibatkan sekitar sepuluh orang ibu-ibu rumah tangga.

Cara pembuatan stick tempe crispy juga sangat mudah, berikut langkah-langkah pembuatannya:

1.      Memotong tempe berbentuk stick tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal

2.      Siapkan air bersih dalam wadah dan campurkan penyedap rasa secukupnya

3.      Tempe yang sudah dipotong direndam dalam air tersebut dalam 5 sampai 10 menit

4.      Sambil menunggu tempe yang terendam, kita dapat menyiapkan olahan tepung terigu, dengan cara mencampurkan tepung terigu dengan air, setelah itu berikan garam atau penyedap rasa secukupnya dan masukan satu butir telur, aduk secara merata, perhatikan konsistensi tepung agar tidak terlalu encer ataupun terlalu kental

5.      Lalu Tuangkan tepung panir kedalam wadah secukupnya

6.      Setelah perendaman tempe selesai, langkah selanjutnya adalah masukan tempe kedalam olahan tepung terigu secara merata

7.      Langkah selanjutnya yaitu balurkan tempe tersebut dengan tepung panir secara merata

8.      Jika sudah terbalur dengan benar, maka panaskan minyak makan dan goreng sampai warna nya kecoklatan

9.      Tempe sudah siap disajikan.



Penyajian stick tempe sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan jika ingin dijual, seperti bisa di gunakan lidi seperti sate agar menarik di beli anak-anak.

Olahan Stick tempe crispy itu bisa menjadi alternatif sebagai ide jualan baru yang tentunya sangat membantu ibu-ibu rumah tangga ketika ingin melakukan usaha dan membantu perekonomian keluarga para Warga, mengingat  di Desa Geudubang Aceh, tepatnya Dusun I Keude Rambe, Kota Langsa. Menjadi tempat yang strategis untuk berjualan atau bahkan bisa juga jika ingin berjualan untuk anak-anak sekolahan di sekitaran desa tersebut.

 

 Oleh: Aida Marisa dan Hafifah Putri

Prodi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

KKNT-KS, IAIN Langsa.


0