Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 21:59


PERAN MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan sekolah yang didirikan dengan gotong royong masyarakat untuk menempa anak-anak dalam berbudi dan berakhlakul karimah.Sekolah keagamaan yang keberadaanya hampir ada di setiap kampung-kampung di seluruh Tanah Air dengan metode pembelajaran dan manajemen yang konvensional. Dimana madrasah banyak berperan dalam menghasilkan generasi bangsa yang plural dan cinta Tanah Air.

 

Madrasah diniyah takmiliyah adalah lembaga pendidikan yang keseluruhan mata pelajarannya adalah mata pelajaran agama Islam yang memungkinkan peserta didiknya menguasai materi ilmu agama secara baik dikarenakan padat dan lengkapnya materi ilmu agama yang disajikan dalam proses pembelajaran di madrasah diniyah.

 

Madrasah Diniyah Takmiliyah adalah lembaga pendidikan keagamaan di luar sekolah formal yang diharapkan mampu secara terus menerus memberikan pendidikan agama Islam kepada anak didik yang tidak terpenuhi pada jalur sekolah yang diberikan melalui sistem klasikal serta menerapkan jenjang pendidikan. Madrasah diniyah merupakan suatu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran dan pendidikan dikhususkan dalam hal pengetahuan agama Islam kepada peserta didik dengan jenjang usia 7 (tujuh) sampai 18 (delapan belas) tahun.

 

Materi yang diajarkan di madrasah diniyah dalam kaitannya untuk mempersiapkan peserta didik menguasai ilmu agama seperti pelajaran dalam bidang Al-Qur`an, hadits, akidah. Akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan islam, bahasa Arab,nahu,shorof, kaligrafi,tarikh islam dan praktek ibadah.

Madrasah Diniyah Al -Mukmin adalah salah satu madrasah yang terletak di Desa Suka Jaya kecamatan Besitang Sumatra Utara. Sekolah madrasah ini memiliki jumlah siswa sekitar 50 orang atau lebih,dengan jumlah guru yang mengajar yaitu 4 orang. Madrasah ini sering mengikuti kegiatan lomba-lomba pada tingkat kecamatan dan kabupaten di Sumatera Utara.Di madrasah ini siswa siswi juga kerap mengadakan kegiatan gotong royong, perayaan 17 Agustus,hari guru, dan acara perpisahan sekolah.




Sebagai bagian dari pendidikan luar sekolah, Madrasah Diniyah bertujuan:

1.         Melayani warga belajar dapat tumbuh dan berkembangn sedini mungkin dan sepanjang hayatnya guna meningkatkan martabat dan mutu kehidupanya.

2.       Membina warga belajar agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperluakan untuk mengembangkan diri, bekerja mencari nafkah atau melanjutkan ketingkat dan /atau jenjang yang lebih tinggi.

3.       Memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dipenuhi dalam jalur pendidikan sekolah.

 

Penamaan Takmiliyah berdasarkan pertimbangan bahwa kegiatan madrasah diniyah takmiliyah merupakan pendidikan tambahan sebagai penyempurna bagi siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) yang hanya mendapat pendidikan agama Islam dua jam pelajaran dalam satu minggu, oleh karena itu sesuai dengan artinya maka kegiatan tersebut yang tepat adalah diniyah takmiliah.

Keberadaan madrasah diniyah masih terkesan kurang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan kalangan masyarakat. Namun madrasah diniyah sangatlah penting bagi pembentukan karakter anak didik untuk mempelajari ilmu agama . Pentingnya madrasah Diniyah untuk melengkapi pelajaran keagamaan dalam lembaga formal untuk meningkatkan keimanan, serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan saat ini.

 

Madrasah diniyah merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal dibawah naungan Kementerian Agama yang memiliki peran penting bagi pembanguan pendidikan Islam, termasuk di Desa Suka Jaya.

 

FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) yang menjadi organisasai para pejuang MADIN (Madrasah Diniyah) dalam berkhidmat, mengajar dan merawat madrasah tentunya harus mendapat perhatian dalam bentuk peningkatan kualitas mengajar, pemberian kesejahteraan yang layak dan menjalankan manajemen sekolah/madrasah dengan bagus dalam penerapan standarisasi yang akan disesuaikan dengan perkembangan zaman. FKDT perlu mendata dari semua aset dan anggotanya yang tersebar di seluruh Tanah Air. Sehingga dengan data tersebut akan lebih mudah tercipta pemerataan yang berkemajuan dalam segala hal untuk mewujudkan masa depan bangsa yang beradab.

 

Penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah ini secara fungsional maupun substansial berada di bawah pengendalian Kementrian Agama.Para pengelola/yayasan pendidkan Islam seringkali mengeluhkan dalam hal kekurang dana, sarana dan prasarana serta manajemen pendidikan. Kondisi ini sudah berlangsung sejak lama yang mengakibatkan keberadaan Madrasah Diniyah di daerah tidak kondusif sebagai lembaga pendidikan sehingga ditinggalkan oleh guru/pendidik, siswa dan orang tua pun kurang peduli.

 

Madrasah sebagai sebuah sarana secara historis perannya telah teruji dalam membentuk peradaban umat manusia. Madrasah telah menjadi salah satu sental perubahan, pusat dakwah, tempat pembinaan mental ummat dan media meningkatkan sumberdaya manusia.Tujuan terciptanya Madrasah Diniyah Al - Mukmin sebagai sarana peribadatan Umat Islam yang dapat memenuhi syarat dan menjadi pusat kegiatan Umat Islam serta terpenuhinya berbagi sarana dan prasarana yang memadai.

Sebenarnya manfaat dari Madrasah Diniyah ini sangatlah banyak, mungkin tidak dapat disebutkan,karena setiap orang yang mempelajari ilmu agama pasti akan mendapatkan manfaatnya. Bahkan Allah SWT sendiri yang akan mengangkat derajat bagi setiap orang yang mempelajari ilmu agama. Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah bagi anak yaitu: Anak mendapatkan Ilmu Pengetahuan Islam, Menjadikan Anak Berakhlak Mulia, Menjadikan Anak Disiplin.

Ditulis Oleh : Novia Dea Pratiwi, Mahasiswa KPI 7U1, IAIN Langsa

0