Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 21:46


SOLUSI MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BANJIR

Yang Maha Kuasa telah memilih manusia untuk mengabdi sebagai khalifah di Bumi. Ketika kita berbicara tentang lingkungan hidup, maka sangat jelas bahwa kita harus menjaga ekosistem yang ada. Kita juga mendapat manfaat dari menjaga lingkungan hidup seperi terhindar dari penyakit sepertti DBD ( Demam berdarah), ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) dan dampak lainnya dari tidak menjaga lingkungan hidup. Bencana banjir ialah salah satu dari dampak manusia tidak menjaga lingkungan hidup. Dan dampak dari banjir juga sempat memakan korban jiwa di setiap tahunnya

Bencana banjir yang dapat berdampak negatif dan sangat merugikan masyarakat ini tidak dapat diaggap sepele apa lagi sampai memakan korban jiwa adapun dampak negatif yang di timbulkan oleh banjir:

1.      Kerusakan tempat tinggal warga

Hal ini dikarenakan banjir yang deras dan tinngi yang mengakibatkan rumah warga yang terkena banjir menjadi rusak akibat banjir yang melanda. Apalagi rumah warga yang sudah lumayan lama dan memiliki beton yang sudah rapuh dan belum direnovasi akan mendappat kemungkinan besar bisa hancur akibat banjir.

2.      Sulitnya beraktifitas

Sebagai manusia kita sangat bergantung pada sumber ekonomi untuk menghidupi baik diri kita sendiri maupun keluarga yang kita miliki. Dan selain aktifitas mencari keuangan untuk memenuhi ekonomi ada juga yang aktifitasnya untuk menuntut ilmu seperti anak usia dini hingga anak usia dewasa yang berpendidikan baik itu anak SD, SMP, SMA sampai kejenjang mahasiswa. Hal ini juga berdampak negatif untuk mereka karena tidak bisa beraktifitas untuk menuntut ilmu.

3.      Mengakibatkan penyakit

Dampak negatif banjir juga bisa menjadikan kita terserang penyakit dikarenakan kondisi lingkungan yang lembab dingin akibat air yang naik dan faktor cuaca yang dingin dan juga sampah yang terendam banjir inilah yang mengakibatkan kita bisa terjangkit penyakit seperti diare, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang bisa membahayakan keadaan kita.

4.      Memakan korban jiwa

Banjir yang melanda tiap tahunnya bahkan sampai bisa memakan korban jiwa, dan ini ialah hal yang paling fatal dan tidak bisa kita remehkan, dan setiap tahunnya terjadi banjir pasti akan ada korban jiwa yang melanda di setiap pelosok Indonesia

Perbuatan manusia yang menjadi faktor terjadinya banjir seperti membangun gedung atau fasilitas tanpa mempertimbangkan lahan terbuka, membuang sampah di saluran air yang mengakibatkan saluran air penuh terisi oleh sampah, menebang hutang secara liar, dan membiarkan bendungan yang seharusnya diperbaiki terbengkalai hal ini lah yang mengakibatkan cepatnya air naik kepemukiman, selain itu dengan membuang sampah sembarangan dan tidak mengelola sampah dengan benar dan menjadikan sampah tersebut tertinggal tidak terbuang dan tidak terpakai dan tergenang oleh air banjir hal ini juga bisa menjadi faktor yang sangat berbahaya bagi kita karena bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya, kedua faktor tersebut terjadi dikarenakan kurangnya keperdulian kita sebagai warga di wilayah tersebut. Di karenakan kita mengabaikan hal tersebut, bencana alam seperti banjir akan menyerang dan akan memakan korban jiwa di wilayah kita, dan bukan hanya banjir mungkin bencana alam seperti tanah longsor pun akan mungkin terjadi di karenakan penebangan hutan yang secara liar dan banjir yang berkepanjagan bisa menjadikan hal tersebut menjadi nyata dan dampak negatif  dan merugikan akan semakin tinggi apa bila itu sampai terjadi.   

Dan dikarenakan ketidakpedulian kita terhadap lingkungan inilah yang mengakibatkan bencana banjir yang ada di Indonesia belum bisa teratasi, adapun yang tersebut diatas mencangkup baik bencana banjir dalam waktu yang lama ataupun tidak.

 Untuk mengatasi banjir baik yang berkepanjangan ataupun tidak, kita sebagai masyarakat indonesia di seluruh pelosok yang terkena bencana banjir harus memiliki kesadaran diri untuk lebih memperhatikan linkungan hidup, dalam proses untuk  mencegah atau menguragi dampak negatif banjir yang terjadi di wilayah masing-masing di seluruh penjuru Indonesia. Hal  ini harus dilakukan secara bertahap untuk meminimalisi korban dari  dampak negatif banjir seperti yang telah disebutkan di atas, adapun solusi untuk mencegah atau meminimalis korban dari dampak banjir yang terjadi setiap tahunnya kita sebagai masayarakat diseluruh wilayah Indonesia yang terkena banjir harus perduli terhadap kesehatan lingkungan hidup dan melaksanakan kegiatan gorong royong secara berkala  seperti: meningkatkan efisiensi atau kinerja  parit dan sungai, membuang sampah dan mengelola sampah dengan benar, membangun bendungan dan memperbaiki bendungan secara berkala, hindari penebangan hutan secara liar. Hal inilah yang menjadi solusi bagi kita masyarakat Indonesia yang wilayahnya terkena dampak banjir. Hal ini kita lakukan untuk mengurangi dampak banjir yang berkepanjangan. Meski tidak sepenuhnya mencegah banjir, setidaknya kita bisa mengurangi korban dari dampak banjir yang terjadi tiap tahunnya, dan bisa melancarkan aktifitas yang menjadi kebutuhan kita sebagai manusia walaupun sedang terjadinya banjir.

Ditulis Oleh :
Muhammad Farhan

0