Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 21:33


DARI HOBI HINGGA MENJADI PENGUSAHA ROTI  “RONA’S BAKERY” DI GAMPONG PAYA BUJOK TUNONG

Aceh merupakan salah satu wilayah yang terletak di ujung Pulau Sumatera bagian Barat. Ada sebuah kota yang berada di Provinsi Aceh ini bernama “Kota Langsa.” Umumnya Kota Langsa merupakan kota yang terkenal dengan berbagai bidang pendidikan, perdagangan, kota yang memiliki kuliner maupun bermacam-macam makanan, dan bahkan disebut juga kota wisata. Tidak heran lagi jika orang-orang berkunjung ke Kota Langsa maka akan melihat banyak tempat perdagangan makanan yang bervariasi. Salah satu yang dapat kita lihat dari perdagangan makanan yang ada di Langsa yaitu seperti pada bisnis roti yang bernama “Rona’s Bakery.”

            Rona’s Bakery merupakan usaha makanan berupa roti, kue, dan makanan lain-lainnya yang di buka oleh seorang Ibu atau sebut saja owner yang bernama Ibu Melia Mariana, namun sering dipanggil Bu Nana. Usaha roti ini beralamat di Gampong Paya Bujok Tunong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. Usaha ini berawal dari masak kue pada tahun 2011 yang pada saat itu dilakukan di rumah Bu Nana. Saat itu beliau memang hobi memasak dan bahkan hobi memasak tersebut sudah sangat lama, dan kemudian beliau terus mencoba untuk membuat roti dan ternyata percobaan tersebut berhasil. Ketika mencoba menjual kue beliau ini masih dalam masa bekerja di salah satu kantor yang ada di Kota Langsa dari tahun 2013 – 2020, tetapi memilih resign (mengundurkan diri) dari tempat kerja, lalu fokus menjadi pengusaha makanan berupa cake dan kue kering. Di tahun 2018 - 2022 beliau pun akhirnya fokus lagi membuat roti, dan sekarang membuka usaha sendiri bahkan sudah jalan selama 4 tahun.

Adapun beberapa jenis varian kue yang di buat oleh Bu Nana ini seperti tujuh rasa roti manis yang terdiri dari roti isi kelapa, roti isi cokelat, roti isi keju, roti pizza, roti sosis, roti poki, dan roti isi pisang coklat. Kemudian ada juga roti jenis lainnya seperti roti sobek kosong dan roti sisir. Selain menjual aneka roti, Bu Nana juga menjual tempahan nasi tumpeng, snackbox, kue ulang tahun, fruit sandwich, cake hantaran, martabak manis, bento nasi kuning, donat, kue-kue lebaran seperti kue nastar, bolu, dan juga tempahan hampers, biasanya hampers ini akan mulai mempersiapkan pemesanan dari saat bulan puasa dan akan di pasarkan di hari raya Idul Fitri/Idul Adha, dan juga kue-kue lainnya. Dalam membuat usaha roti, agar tampilan usaha cantik dan menarik Bu Nana juga membuat brand (logo) yang di tempelkan di wadah usahanya tersebut dengan nama “Rona’s Bakery” beserta nomor WhatsApp (WA). Di toko roti tersebut, roti-roti diletakkan secara rapi dan juga bersih. Tampilan tokonya pun jika di lihat sangat bersih, indah, aesthetic, dan nyaman untuk bersantai.



Adapun dulunya modal yang harus di keluarkan untuk membuat roti dalam seharinya sekitar Rp.500.000,00 untuk 1 – 2 kg. Namun, saat ini makin bertambah modal untuk membuat roti karena pesanan yang dipasarkan semakin meningkat yaitu sekitar Rp.650.000,00 untuk 5 - 8 kg. Roti yang dibuat oleh Bu Nana ini tidak menggunakan pengawet sehingga banyak orang yang menyukai produk beliau. Roti yang sudah siap di pasarkan bisa tahan sekitar 3 – 4 hari, biasanya di hari ke 3 roti sudah di geserkan dalam arti roti tidak dapat di konsumsi lagi.

Roti yang di buat oleh Bu Nana sama umumnya dengan pembuatan roti lainnya. Adapun bahan-bahan yang di gunakan dalam pembuatan roti yaitu menggunakan tepung terigu, telur, gula pasir, ragi, air, garam, butter/mentega, susu, dan topping  yang sudah disesuaikan dengan takaran beliau. Lalu, untuk cara pembuatannya dimulai dari campurkan adonan seperti telur, gula pasir, lalu mixer hingga mengembang, masukkan tepung terigu secara perlahan, dan mixer lagi sampai kembang. Selanjutnya, masukkan adonan yang sudah kembang tadi ke tempat mesin pengaduk adonan roti. Saat adonan sedang di aduk beberapa menit, tambahkan garam secukupnya, berikutnya tuangkan air secukupnya secara perlahan. Lalu, tuangkan mentega sesuai takaran dengan secara perlahan dan dalam keadaan mesin masih mengaduk adonan. Setelah adonan sudah teraduk secara merata, maka adonan pun dikeluarkan dari mesin ke tempat wadah. Tunggu adonan mengembang selama kurang lebih setengah jam. Pembuatan roti yang bagus juga tergantung dengan kondisi cuaca. Jika cuaca cerah maka adonan roti cepat mengembang dan bisa jadi adonan mengembang sekitar setengah jam, namun jika kondisi cuaca mendung/hujan, maka adonan roti memerlukan waktu mengembang mencapai satu jam atapun lebih. Setelah adonan mengembang, langkah selanjutnya adonan tadi di bagi menjadi bulat-bulat dengan beberapa bagian dan di timbang dengan menggunakan timbangan roti digital. Berikutnya, adonan di diamkan lagi hingga mengembang, langkah ini di sebut dengan proofing agar adonan mengembang dengan cantik. Kemudian bentuk roti dengan varian yang telah ditentukan seperti roti isi kelapa, maka roti bisa di bentuk memanjang dengan mengisi isian kelapa didalam adonan tersebut dan diberi sedikit wijen sebagai toppingnya. Roti ini lalu di diamkan lagi agar mengembang dan hasilnya menjadi sempurna. Langkah selanjutnya, masukkan roti ke dalam mesin pemangang roti, tunggu beberapa menit sampai matang.

Setelah roti matang, roti tidak segera di bungkus karena bisa membuat produk menjadi tidak bagus dan bahkan cepat rusak. Roti dikemas dengan plastik khusus dan menggunakan brand. Untuk pembelian yang dipasarkan selain di jual di toko, dan di warkop, Bu Nana juga memperbolehkan konsumen (pembelinya) untuk request/pemesanan bisa offline yakni datang langsung ke toko, maupun pemesanan online menggunakan via aplikasi WhatsApp (WA) bahkan juga bisa dari akun Instagram beliau. Pemesanan roti Bu Nana ini yang biasanya akan di pasarkan di warung kopi (warkop) seperti warkop Boeghan, Stadion Kupi, Urban, ARKA, Pasukan, Beans & Beef, Geidar, Sedotan Kopi dan lainnya. Selain itu, biasanya pemesanan roti juga banyak di instansi-instansi saat pihak kantor mengadakan rapat kerja ataupun lainnya, pemesanannya yaitu seperti pesanan snackbox.

Untuk harga roti yang di jual dimulai dari harga paling kecil Rp. 2.500,00 untuk pesanan snackbox, roti sobek dengan harga Rp. 6.000,00 – 7.000,00. Roti sobek isi dengan harga Rp. 10.000,00 – 12.000,00. Lalu, harga roti sisir panjang dengan harga Rp. 25.000,00 perkotaknya. Dan varian roti lainnya dengan harga yang terjangkau. Roti yang di produksi oleh Bu Nana ini selain banyak yang membeli, ternyata tekstur rotinya pun lembut dan gurih, ciri khas rotinya yang beraroma wangi, dengan rasa yang enak dan bahkan banyak di minati dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

 

Penulis : Masyitah

NIM : 3022019009

KKNT – DR Berbasis Media Sosial

Mahasiswi Bimbingan Dan Konseling Islam

Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah

Institut Agama Islam Negeri Langsa (IAIN Langsa – Aceh)

0