Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 21:24


GOTONG ROYONG PENGUAT PERSAUDARAAN DI GAMPONG SIDODADI

Bekerja secara bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu atau sering terdengar ditelinga kita dengan kata “gotong royong” adalah sebuah kegiatan yang menjadi budaya di seluruh pelosok negeri ini di kegiatan masing-masing. Nilai-nilai yang terdapat dalam budaya gotong royong salah satunya adalah merekatkan tali persatuan antar-individu dalam sebuah kelompok masyarakat. Kegiatan ini seperti menghilangkan semua perbedaan yang ada di setiap invidu, melebur menjadi satu diatas semua kepentingan pribadi.

Gotong royong adalah warisan yang diharapkan mampu bertahan dari generasi ke generasi. Gotong royong juga merupakan salah satu ciri khas dari kebudayaan Indonesia. Sampai saat ini masih banyak daerah di Indonesia yang melaksanakan gotong royong untuk melakukan suatu pekerjaan.

Menurut KBBI gotong royong memiliki arti bekerja bersama-sama. Menurut Koentjaraningrat gotong royong adalah pengerahan tenaga manusia tanpa bayaran untuk suatu pekerjaan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum (Rachman & Subagyo, 2012).

Seperti peribahasa Sepi ing pamrih, Rame ing gawe (tidak ada pamrih, banyak bekerja). Peribahasa tersebut bisa berarti dalam gotong royong tidak mengharapkan imbalan atau balasan namun tetap sungguh-sungguh dalam bekerja. Selain itu gotong royong banyak sekali manfaat serta nilai yang terkandung dalam gotong royong.

Dalam Pancasila, kita dapat menemukan bahwa semangat gotong royong atau kebersamaan menjadi salah satu nilai pokok yaitu dalam nilai kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, serta keadilan sosial (Rachman & Subagyo, 2012).

Untuk terus menjaga warisan bangsa gampong sidodadi selalu mengadakan gotong royong disetiap kegiatan.

Dengan  majunya zaman, kebiasaan  gotong royong sudah mulai berkurang. Kebiasaan kerja sama juga beralih karena nilai ekonomi yang ada dalam masyarakat.

Masyarakat mulai mengerti tentang nilai uang sehingga kerja bakti berubah menjadi kerja yang dibayar dengan uang untuk kepentingan ekonomi masyarakat (Teresia et al., 2019). Dalam hal ini tentu saja warga gampong sidodadi patut diapresiasi karena mereka telah berani mempertahankan tradisi yang sudah ada ditengah perkembangan zaman

Padahal dalam gotong royong sangat banyak manfaatnya untuk kehidupan bermasyarakat. Contohnya saja dilihat dari kegiatan bersih-bersih ala gampong sidodadi yaitu dapat meringankan beban pekerjaan, menumbuhkan rasa peduli, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, menciptakan rasa kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat, menjalin dan membina hubungan baik antar warga masyarakat.

Salah satu jenis kegiatan gotong royong adalah bersih-bersih lingkungan di sekitar pemukiman di daerah tertentu. Masyarakat dengan segala peralatannya berkumpul dan secara bersama-sama melakukan bersih-bersih di lingkungan masing masing. Nikmat dipandang, kualitas udara yang segar, lingkungan yang jauh dari segala macam penyakit, nyaman dihuni, adalah beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong dalam hal kebersihan lingkungan.

Masyarakat gampong sidodadi melaksanakan aksi gotong-royong untuk membersihkan parit lingkungan bertujuan untuk memperlancar aliran air agar tidak terjadi banjir pada saat hujan tiba, dan juga agar warga masyarakat selalu menjaga kebersihan agar tidak mudah terserang penyakit.

Pembersihan paret ini adalah satu upaya untuk mengantisipasi meluapnya air pada saat hujan deras, disamping itu juga perlahan lahan penataan kampung akan terlihat rapih dan indah apabila paret tersebut sudah bersih dibuat.

Pembersihan parit seperti ini guna mencegah terjadinya banjir, banyaknya sampah dan lumpur yang menumpuk menjadi penyebab parit ini kurang berfungsi.

Tampak terlihat semangat gotong royong saling bahu membahu bersama warga membersihkan selokan guna memperlancar jalannya air di saat musim penghujan dan untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir.

Apabila selokan ini sudah diperbaiki semoga dapat dimanfaatkan dengan baik dan selalu di bersihkan sehingga tidak menyebabkan air yang mengalir tersumbat serta dapat mencegah terjadinya banjir.

Disamping membersihkan selokan air juga mengingatkan kepada seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, karena  selain dapat menimbulkan bencana alam juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah.

Diharapkan masyarakat peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan rajin untuk membersihkan lingkungannya karena di saat musim penghujan sangat rentan dengan perkembangan nyamuk demam berdarah.

Bergotong royong membersihkan selokan air selain bisa menjadikan lingkungan kita bersih juga dapat menjalin keakraban dengan warga sekitar.

Dengan adanya kegiatan gotong royong  ini semoga bisa terjalinnya keakraban masyarakat serta bisa menyadarkan kepada warga tentang pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan masing masing.

Selain membersihkan selokan, mahasiswa kkn juga membersihkan meunasah/mushallah. Kegiatan gotong royong dengan membersihkan lingkungan meunasah yang dilakukan oleh mahasiswa kkn merupakan suatu kegiatan berdampak bagi masyarakat gampong agar lebih nyaman beribadah di meunasah dan lingkungan sekitarnya juga bersih.

Sementara itu, Geuchik Gampong Sidodadi, mengharapkan selama pelaksanaan KKN berlangsung dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk Gampong Sidodadi.

Oleh : Devi Triani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri Langsa

0