Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 19:24Meningkatkan Kemampuan Anak Menggunakan Index Card Marcth Untuk Belajar
Siswa
Zaman
dunia Pendidikan saat ini ialah sangat lemahnya pelaksanaan proses pembelajarannya
yang diterapkan oleh para guru di sekolah. Maka dari itu, penerapan index card
macth di gunakan untuk mengajar sebagai alat untuk menciptakan proses belajar
mengajar yang sangat efektif dan sangat penting bagi peserta didik.
Pembelajaran
index card marcth ialah aktivatas yang dilakukan secara berpasngan untuk
mencari pasangan kartu yang sudah dibagikan oleh guru. Untuk mencari sebuah
pasangan kartu maka siswa harus berkerja mencari dimana pasangan kartu itu berada
sampai ketemu dengan pasangannya dan setelah ketemu pasanganya siswa duduk
dengan berpasangan. Tujuan guru menggunakan index card march agar siswa lebih
semagat belajarnya dan mudah untuk memamhami dan mengingat suatu materi
pelajaranya.
Dengan
menggunakan model index card march guru juga senang apabila seorang siswa
berani mengungkapkan gagasan dan pandangan mereka, maka dari itu guru harus
memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan-gagasan pada
peseta didik.
Pada
hakikatnya IPA dibangun atas dasarnya sebuah produk ilmia dan juga sikap ilmia.
Selain itu juga, pembelajran IPA dipandang sebagai interaksi berupa komponen-komponen
seperti Pendidikan pesarta didik, alat
atau media belajar dalam bentuk kegiatan belajar mengajar agar untuk mencapai
tujuan kompetensi yang sudah ditetapkan. Sebagaimana proses dapat diartikelkan dengsn semua kegiatan ilmia untuk menyempurnakan lagi
pengetahuan tentang alam maupun juga untuk menemukan pengetahuan barunya.
Penyampaian
pada pembelajran index card macth sangat mempengaruhi sebuah minat belajar dan
hasil belajar siswa. Maka dari itu, hampir semua guru mata pelajaran termasuk
salah satu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Masih menggunakan ceramah yang kurang
diminati oleh sisiwa dalam penerapannya terhadap materi mkan sehat di SD negri
058295 Benteng Sari, Kab.Langkat.
Pemilihan
pada metode pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi rendahnya hasil nelajar
peserta didik. Sebuah SD Negri 058295 Benteng Sari. Kab.Langkat. pembelajaran
yang digunakan guru IPA masih konvensional. Pembelajaran pusat pada guru
berkomunikasih satu arah dengan metodeh ceramah yang tidak memberikan peluang
bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya, peserta didik sangat
pasif dan pembelajrannya menjadi sangat membosankan. Index card march ialah
cara yang sangat menyenangkan lagi aktif untuk meninjau ulang pada materi pelajaran
makan sehat. Ia akan membolehkan peserta didik untuk berpasangan dan memainkan
kuis kepada kawan sekelasnya (Mel Silbermen,2001:232)
Terkadang
index card macht ini sangat berhubungan deangan cara-cara untuk meningkatkan
Kembali apa yang telah mereka pelajari sebelumya dan menguji pengetahuan serta
kemampuan mereka saat ini dengan Teknik mencari pasangan kartu yang meryerupakan
jawaban atau soal sambal belajar mengenai sebuah konsep atau topik dalam
suasana yang menyenangkan.
Langkah-langkah penerapan
index card match menurut Hamruni(162:1) yaitu:
1.
Pada kartu index
terpisah, tulislah pertanyaan tentang apa pun yang diajarkan didalem kelas.
Buatlah kartu pertanyaan yang cukup untuk menyamai satu setengah jumlah siswa.
2.
Pada kartu
terpisah, tulislah jawaban lagi setiap petanyaan tersebut.
3.
Campurlah dua
embar kartu dan kocok beberapa kali sampai benar-benar tercampur.
4.
Berikan satu kartu
kepada peserta didik untuk menemukan kartu permainannya. Ketika permainan di
bentuk, perintakan peserta didik yang bermain untuk mencari tempat duduk
Bersama (beritahukan kepada mereka jangan menyatakan kepada peserta didik lain
apa yang ada pada kartunya).
5.
Ketika semua
pasangan pemain telah menempati tempatnya, perintahkan setiap pasangan menguji
peserta didik yang lain dengan mrmbaca kertas pertanyaannya dan menantang teman
sekelas untuk mengiformasikan jawaban kepadanya.
Maka
penggunaka index card macth dalam pembelajran IPA materi makan sehat dilakukan
dengan memasangkan dua kartu yang berupa kartu soal dan kartu jawaban. Dengan
menggunakan metode deskrptif siswa dilibatkan secara langsung agar materi makan
sehat yang diterima lebih berkesan. Guru mengacak kartu yang berupa kartu soal
dan kartu jawaban, kemudian dibagiakan oleh siswa dan selanjutnya siswa akan
mencari pasangan antara soal dan jawaban dalam kartu tersebut dan akan
mempresentasikan jawaban dari kartu tersebut di hadapan teman-teman sekelasnya,
Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa yang maksimal yaitu hambatan yang tibul saat
belajar dapat di atasi melalui diri anak
sendiri, sekolah, maupun lingkungan masyrakat. Maka dari itu seorang guru dapat
melihat hasil belajari siswa dengan menggunakan pembelajaran Index card match
maka dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam pembelajara IPA dengan materi makan sehat karena proses
pembelajarannya lebih mendorong siswa berpikir
dalam berbagai perspektif, mengingat Kembali apa yang telah dipelajri
oleh peserta didik pelajari, dan menguji pengetahuan serta kemampuan mereka
dengan Teknik mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban dan soal sambal
belajar mengenai suatu konsep atau sebuah toupik dalam suasan menyenangkan.
Penulis : Noni Shinta
Utami, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ihtidayah Fakultas Dan
Ilmu Keguruan IAIN LANGSA
0