Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 19:11


MEMBANGUN KARAKTER REMAJA DESA ALUE BEURAWE MELALUI PUBLIK SPEAKING

Public Speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang, Public speaking merupakan salah satu contoh dari soft skill atau kemampuan di luar akademik. Kemampuan berbicara di depan umum ini sangat penting diasah sejak usia dini.

Public Speaking merupakan soft skill yang harus dimiliki generasi muda di era millenial saat ini, terlebih untuk mahasiswa yang aktif berorganisasi dan nantinya untuk bekal mencari kerja. Bukan hanya melulu ipk bagus namun kemampuan berbicara yang baik juga diperlukan. Berbicara di depan umum adalah suatu hal yang biasanya ditakutkan oleh beberapa orang yang tidak memiliki kepercayaan diri dan merasa kurangnya kecakapan dalam berbicara di depan umum. Ketidakpercayaan diri itu dipengaruhi oleh kurangnya penguasaan materi yang disampaikan, penampilan dan kecakapan, dan hal hal lainnya. Akibatnya, muncul suatu persepsi bahwa untuk menjadi seorang public speaker haruslah memiliki kemampuan yang mendasar yakni keterampilan atau softskill. 


Tujuan Public Speaking Meski sama-sama berbicara di depan umum, tetapi public speaking memiliki tujuan-tujuan yang berbeda.

Tujuan itu seperti: Menyampaikan Informasi Berbicara di depan umum tentunya bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi. Iformasi yang disampaikan itu bisa dibawakan dalam berbagai macam pembahasan, mulai dari pengumuman, pidato, sampai berita terkini 

Memberikan Motivasi Pernahkah kalian menyaksikan sosok motivator Mario Teguh? Mario Teguh ini merupakan salah salah satu contoh public speaker yang handal, karena Mario Teguh mampu memberikan motivasi kepada audiensnya dengan kelugasannya dalam berbicara.Motivasi ini pada dasarnya bertujuan untuk meyakinkan dan mengubah sudut pandang bagi audiens yang mendengarkan. 

Meyakinkan Audiens Public speaking untuk meyakinkan audiens ini sering digunakan dalam konteks berdagang atau mempromosikan sesuatu.Pernah melihat pendiri Apple, Steve Jobs, ketika mengumumkan produk terbaru Apple di Apple Event?Steve Jobs juga merupakan salah satu public speaker yang baik karena ia mampu meyakinkan orang-orang di seluruh dunia mengenai fitur-fitur dari produk Apple agar mereka yakin untuk membeli produk tersebut. 

Menghibur Audiens Public speaking juga digunakan untuk hiburan. Contoh yang paling nyata adalah Stand Up Comedy.Stand Up Comedy membutuhkan kemampuan public speaking yang baik agar materi kelucuan yang disampaikan bisa diterima audiens untuk ditertawakan. Mengendalikan Suasana Suatu acara akan terasa lebih hidup jika memiliki public speaker yang baik.

Kemampuan public speaking menjadi hal yang wajib dikuasai bagi siapapun dalam pekerjaan apapun. Public speaking selalu dibutuhkan dalam hal apapun terutama bagi anda yang memiliki pekerjaan yang mengandalkan kemampuan berkomunikasi dihadapan orang banyak, orang penting dan lainnya.

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah memberikan bekal keterampilan Public Speaking kepada warga Kampung alue beurawe. Keranggan dalam bentuk penyuluhan,Public Speaking merupakan bagian dari keterampilan berbahasa, khususnya berbicara. Sebagai sebuah keterampilan, tidak akan pernah datang begitu saja kepada pelakunya, akan tetapi, butuh sebuah proses. Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini seluruh anggota masih kurang menguasai materi tentang Publik Speaking namun setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan peserta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini seluruh remaja dari desa alue beurawe ini memiliki kemampuan tentang bagaimana cara mengemas komunikasi yang baik.

Dengan kata lain, keterampilan berbicara di depan umum ini akan semakin lancar dan sukses manakala yang bersangkutan selalu berlatih dan berlatih untuk mengasahnya. Tahap Persiapan:

a. Survey Awal Kami melakukan survey kepada kampung alue beurawe yang memilikikebutuhan pengembangan skill public speaking dan kendala-kendala yang dialami dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Setelahnya, saya simpulkan dan definisikan ke dalam beberapa point permasalahan dan dibahas solusinya melalui materi penyuluhan nanti. b. Pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran. Setelah survey dilakukan maka ditentukan lokasi pelaksanaan dan sasaran yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Penulis :
Nadia Rahmayani,Mahasiswa FUAD, KPI 7U2


0