Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 18:59


ARTIKEL KKNT-KS DI DESA SEUMATANG MUDA ITAM KECAMATAN PEUREULAK, KABUPATEN ACEH TIMUR

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERKAIT DENGAN SUMBER DAYA ALAM YANG ADA DI DESA SEUMATANG MUDA ITAM


Desa seumatang muda itam merupakan desa yang dekat dengan pesisir pantai dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian di bidang pertambakan dan nelayan. Sehingga, banyak potensi alam yang dapat dimanfaat oleh penduduk setempat.

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas masyarakat, yang saat ini dalam kondisi tidak mampu untuk melepaskan diri dari kemiskinan dan keterbelakanga. sehingga, dengan adanya memberdayakan yang dilakukan oleh program  pengabdian masyarakat ini, dapat memampukan dan memadirikan masyarakat untuk membangun ekonomi bersama sehingga, dapat memenuhi kebutuhan yang lebih baik. Sasaran yang kami tuju ini meliputi masyarakat yang ada di desa Seumatang Muda Itam, baik ibu rumah tangga sampai bapak-bapak yang bekerja sebagai nelayan.

Dengan adanya program ini kami mahasiswa KKNT-KS mendukung pemberdayaan masyarakat, yang hidupnya memang tergantung pada alam dan lahan sehingga menumbuhkan kesadaran dari masyarakat. Selain, untuk bisa dimanfaatkan tetapi bisa melindungi sumber daya alam secara berkelanjutan demi keberlangsungan dan kesejahraan hidup mereka sendiri. Ada beberapa, sumberdaya alam didesa Sematang Muda Itam yang dapat mereka manfaatkan yaitu seperti mengolah hasil laut menjadi beberapa produk seperti ikan asin dan menjual hasil tambak sampai mengolah terasi dan juga memanfaatkan daun pandan untuk membuat tikar.

Antusias warga setempat yang besar membuat kami selaku mahasiswa KKNT-KS menjadi bersemangat dalam melakukan tugas kami sehubungan diadakannya sosialisasi dengan cara kami penyampaikan materi, bagaimana cara mengolah ikan harga murah supaya menjadi olahan harga jual tinggi. Prograrm yang kami buat ini berupa olahan dari ikan tamban yang diolah menjadi bakso ikan siap saji dan bisa dimakan dengan bumbu apa aja sebagai cocolannya.

  Selain penyampaian materi terkait olahan ikan tadi kegiatan selanjutnya dikiuti dengan pembagian olahan ikan yang kami buat kepada warga setempat untuk mencoba dan mereka praktikkan sebagai ide jualan. Kami berharap materi yang kami sampaikan dapat diserap dengan baik oleh masyarakat khususnya kelompok wanita.

Penulis

Nasyathul Hawariza, Maria Ulfa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
IAIN Langsa

 Email: [email protected]
, [email protected]

0