Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 17:09


MAHASISWA KKN MEMBANTU DALAM PELAKSANAAN  KEGIATAN POSYANDU

Kuliah Kerja Nyata – Kerja Sosial (KKN-KS) - Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Posyandu tidak hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Lansia juga membutuhkan posyandu untuk memantau kesehatan mereka.

Kesehatan merupakan hal terpenting dan utama bagi setiap orang, dan Kesehatan bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, namun merupakan tanggung jawab Bersama pemerintah dan masyarakat. Akhir-akhir ini dunia Kesehatan  di Indonesia di timpa kasus-kasus yang tidak mengenakkan contohnya COVID-19, malaria, polio, demam  berdarah, difteri yang hampir tiap hari mengiasi halaman media maupun layar televisi. Oleh karena itu program posyandu di daerah Aceh, terutama di desa Paya bujok Teungoh memaksa upaya peningkatan kualitas Kesehatan, pemenuhan kebutuhan Kesehatan dan peningkatan status gizi. Maka dari itu, Kesehatan merupakan kebutuhan paling utama manusia dan yang terpenting karena Kesehatan adalah sebagai ukuran kualitas Kesehatan hidup dan yang harus dipenuhi oleh setiap orang.

Desa Paya Bujok Teungoh memiliki 1 posyandu yang Bernama Posyandu Permata Bunda. Posyandu permata bunda merupakan  upaya Kesehatan yang diselenggarakan dan dikelola dari masyarakat, oleh masyarakat untuk dan Bersama masyarakat dalam penyelenggaraan peningkatan Kesehatan masyarakat yang dibina oleh Geuchik Gampong Paya Bujok Teungoh dan Ketua Tim Pengggerak PKK Paya Bujok Teungoh, di Ketuai oleh Jasimah, sekretaris Salmawati, Bendahara Fitriani, Kader Lansia Sri Wahyuni dan Desi Arisanti, Petugas KB Nurlaili, anggota Nur Agustina dan Marhamah. Posyandu balita dan lansia dilaksanakan setiap 1 bulan sekali.

Pada tanggal 15 Desember 2022 telah dilaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional dalam Penanggulangan kejadian Luar Biasa (KLB) Polio Gampong Paya Bujok Teungoh Kec. Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh. Pada kegiatan ini mahasiswa KKN turut membantu dalam kegiatan mendata kehadiran masyarakat, mencatat tinggi badan, berat badan, umur balita yang datang dalam kegiatan ini, membagi bubur ayam yang disedikan serta makanan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 10 bidan desa dan dihadiri oleh 30 ibu serta anak – anaknya.

Kegiatan posyandu ini dikhususkan untuk balita dengan umur mulai 0 bulan hingga 5 tahun. Pada posyandu tersebut semua balita harus melewati cek berat badan, tinggi badan, hingga imunisasi polio. Imunisasi polio berfungsi untuk mencegah penyakit polio atau lumpuh layu yang bisa membuat kelumpuhan, bahkan berpotensi menyebabkan kematian. Vaksin polio termasuk ke dalam imunisasi anak yang wajib diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan bersamaan dengan vaksin hepatitis B, DPT, dan HiB. Imunisasi polio juga termasuk dalam daftar imunisasi yang harus diulang.

Ketika ibu dan anaknya tiba di posyandu, petugas akan langsung melakukan pengecekan suhu tubuh. Mereka pun diminta mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan, lalu diarahkan untuk menunggu di ruangan yang telah diberikan. Secara keseluruhan, protokol kesehatan telah berjalan dengan baik seperti penggunaan masker, pengaturan jarak fisik, dan kegiatan mencuci tangan. Selanjutnya, masyarakat akan diarahkan untuk melakukan penimbangan berat badan, pengukuran lingkar kepala, pengukuran tinggi badan, pengecekkan buku imunisasi, pemberian imunisasi hingga kegiatan penyuluhan.

Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu. Dengan diadakannya kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita yang ada di Desa Paya Bujok Teungoh.

Pada kegiatan ini juga para bidan menjelaskan makan sehat untuk balita dari berbagai macam sayur – sayuran dan buah – buahan seperti bayam, kangkung, kacang hijau, ubi, pisang, alpukat, jeruk dan lain – lain yang bertujuan untuk pemenuhan asupan gizi balita di posyandu.

Dari kegiatan ini mahasiswa KKN mendapat apresiasi dari para bidan desa, mereka mengucapkan terima kasih  atas bantuan dari mahasiswa KKN IAIN Langsa karena telah membantu dalam kegiatan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Dalam Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di gampong Paya Bujok Teungoh, Kec. Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh pada 15 Desember 2022. Kegiatan yang dilaksanakan para bidan juga mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar gampong Paya Bujok Teungoh karena telah peduli dengan kesehatan masyarakat Gampong Paya Bujok Teungoh. Diharapakan untuk kedepannya kegiatan ini dapat terus berlangsung demi menjaga Kesehatan masyarakatnya.

Ditulis Oleh Hasna Rohaydah dan Dinda Putri Handayani, Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata-Kerja Sosial (KKN-KS) IAIN Langsa, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

0