Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 14:28


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Kerja Sosial (KKN-KS) Institut Agama Islam Negeri Langsa melakukan kegiatan penanaman apotek hidup di pekarangan rumah warga di desa Seneubuk Punti kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (07/12/2022).

Semakin sedikitnya lahan hijau di Indonesia juga menjadi permasalahan yang tidak boleh diabaikan, karena kondisi lingkungan alam saat ini semakin lama semakin memprihatinkan. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungannya. Salah satu contohnya penebangan hutan secara liar tanpa ditanam kembali, Cuma butuh waktu kurang lebih satu jam untuk menebang kayu kayu besar di hutan, tapi butuh ratusan tahun untuk membesarkan kayu-kayu itu kembali. Maka dari itu sikap dan perilaku manusia sangat  menentukan baik buruknya suatu kondisi lingkungan.

Sumber daya alam yang ada di bumi bukan hanya untuk manusia saja,tetapi untuk semua makhluk hidup. Oleh sebab itu, manusia perlu melakukan usaha untuk melestarikan lingkungan agar keberadaanya tetap seimbang. Pelestarian lingkungan hidup menurut pasal 1 ayat 6 Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup adalah rangkaian upaya untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup. Dapat dikatakan juga pelestarian lingkungan hidup adalah usaha manusia untuk menyelamatkan lingkungan dari hilangnya spesies, dan kerusakan ekosistem, terutama karena polusi dan aktivitas manusia. Karena melestarikan lingkungan hidup adalah menjaga, melindungi, mengelola, dan memulihkan lingkungan.

Terciptanya pelestarian lingkungan hidup di dukung oleh semua warganya. Ketidaksadaran masyarakat terhadap lingkungan disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat terhadap lingkungan hidup. Dengan begitu, dapat diatasi dengan mengubah sikap mental manusia sebagai perusak menjadi perilaku yang peduli akan lingkungan dengan memahami  prinsip-prinsip ekologi dan etika lingkungan. Salah satu contoh masyarakat yang telah berhasil melestarikan lingkungan hidup adalah dengan memanfaatkan  lahan kosong untuk menanam tumbuhan yang bermanfaat, salah satunya apotek hidup.

Apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat- obatan untuk keperluan sehari-hari. Seperti yang kita ketahui, bahwa tumbuhan obat-obatan tradisional  sangat banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Obat tradisional  umumnya lebih aman karna sifatnya alami dan memliki efek samping lebih sedikit daripada obat-obattan buatan pabrik. Selain itu dengan adanya apotek hidup mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu dengan berkurangnya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, mengurangi intraksi sosial dalam masyarakat, meningkatkan daya tahan tubuh, serta tidak perlu belanja kebutuhan masak karena tersedianya rempah-rempah di pekarangan rumah.

Berikut beberapa tanaman-tanaman yang dapat  digunakan unuk pengobatan dan ditanam pada apotek hidup :

A.    Kunyit

Banyak masyarakat yang menggunakan kunyit sebagai bumbu dasar masakan, jamu, dan juga teh. Selain itu kunyit banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kandungan kurkumin, protein, selulosa, vitamin C, antioksidan, zat besi, kalsium, pati, karbohidrat, hingga minyak atsiri. Dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kunyit baik dikonsumsi dengan takaran yang sesuai untuk  mengobati berbagai penyakit, di antaranya:

1.      Meningkatkan daya tahan tubuh

2.      Mengobati radang

3.      Mengatasi perut yang kembung

4.      Mengurangi nyeri saat haid

5.      Mengobati metastasis kanker

6.      Mengurangi rasa mual

7.      Mengobati maag

8.      Obat elergi

9.      Menstabilkan kadar gula darah

10.  Melawan infeksi

 

B.     Jahe

Jahe merupakan tumbuhan rimpang berbunga yang berasal dari Asia Tenggara, tumbuhan ini sudah dikenal sebagai penghangat tubuh. Jahe juga terkadang ditambahkan ke makanan olahan sebagai bumbu dapur, di jadikan bubuk, sebagai minyak atau dibuat jus dan  kosmetik. Beberapa manfaat jahe untuk kesehatan :

1.      Sebagai penguat tubuh

2.      Obat mual

3.      Menurunkan berat badan

4.      Dapat membantu mengatasi osteoartritis

5.      Menurunkan gula darah

6.      Mengobati gangguan pencernaan

7.      Mengurangi kadar kolestrol

8.      Mencegah kanker

9.      Melawan alzeheimer

10.  Mengurangi nyeri haid

 

C.     Lidah Buaya

Lidah buaya alias aloevera adalah sejenis tumbuhan sukulen asli Afrika Utara Selatan. Tumbuhan ini tumbuh di area beriklim tropis kering seperti indonesia.  Manfaat lidah buaya untuk kesehatan terbukti sejak ribuan tahun lalu. Karena itu, lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan alami dalam industri kosmetik dan farmasi. Inilah beberapa manfaat lidah buaya :

1.      Mengobati luka bakar

2.      Memurunkan kadar gula darah

3.      Mengurangi plak gigi

4.      Menangani sariawan

5.      Memperlambat penuaan kulit

6.      Mengatasi jerawat

7.      Berpotensi melawan kanker payudara

8.      Mengatasi kerontokan rambut

9.      Melancarkan pencernaan

10.  Menurunkan tekanan darah

 

D.    Sirih

Daun sirih telah dikenal sejak dulu sebagai salah satu bahan obat herbal yang memiliki segudang manfaat. Daun sirih dikenal mengandung zat berkhasiat seperti minyak atsiri, antioksidan. Flavonoid, fenol, tanin, iodin,kavikol, gula, pati, diastase, estragol,  hingga vitamin C. berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan:

1.      Membantu mengatasi diabetes

2.      Membantu menyembuhkan luka

3.      Membantu mengurangi kolestrol jahat pada tubuh

4.      Membantu mencegah serangan asma

5.      Membantu menurunkan pertumbuhan bakteri

6.      Membantu mencegah depresi

7.      Membantu mencegah jerawat

8.      Menjaga kesehatan mulut

9.      Membantu melindungi lukak lambung

10.  Membantu mencegah malaria

11.  Membantu penyembuhan batuk

12.  Mencegah kerontokan rambut

13.  Mencegah kanker

E.     Daun Seledri

Daun seledri alias apium graveolens memiliki nutrisi penting untuk tubuh. Baik daun, batang dan bijinya sering digunakan untuk bahan masakan indonesia. Ternyata seledri memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Nutrisi pada daun seledri ternyata bermanfaat pada kesehatan. Manfaat daun seledri bagi kesehatan tubuh yaitu;

1.      Mencegah penyakit ginyal dan hipertensi (tekanan darah tinggi)

2.      Melancarkan percernaan

3.      Menetralkan makanan asam

4.      Vitamin K

5.      Membuat kenyang lebih lama

6.      Menjaga cairan dalam tubuh

7.      Pencegahan kanker

8.      Menurunkan rematik dan asam urat

9.      Meningatkan sistem kekebalan tubuh

10.  Mengurangi gejala asma

 

Penanaman apotek hidup dapat ditempuh dengan beberapa tahapan seperti: penumbuhan bibit tanaman, membersihkan lahan, menggemburkan tanah pada lahan, mengisian tanah pada polibet, melakukan penanaman, pemberian tanda pengenal tanaman, hingga penyiraman.

 

Dengan adanya Penanaman apotek hidup  di desa seuneubuk punti yang dilaksanakan  secara langsung dapat menambah pengetahuan dan bisa diterapkan dilingkungan perumahan yang lahannya tergolong sempit. Masyarakat juga mengetahui alat dan bahan yang digunakan, serta langkah-langkah dalam penanaman dari tanaman apotek hidup di pekarangan rumah.

Adapun manfaat melestarikan pembudidayakan tanaman obat dapat membuat pekarangan rumah masyarakat menjadi lebih bermanfaat, sebagai sarana untuk menyediakan obat herbal bagi masyarakat desa seuneubuk punti, sarana untuk menjaga kesehatan dengan mengolahan tanaman tersebut, serta secara tidak langsung masyarakat melakukan penghematan dibidang ekonomi serta menghindari efek  jangka panjang pengkonsumsian obat-obatan kimia.

KKN IAIN LANGSA 2022

Ditulis Oleh Nama: isnaini

Nim: 4022019016

Fakultas ekonomi dan bisnis islam

0