Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 14:12


kegiatan Pemberian Tetes Polio terhadap anak di desa Lhokdalam

 

 Tgl 13 Desember 2022 Diseluruh Desa Kecamatan Peureulak terutama desa Lhokdalam dengan serentak melakukan kegiatan Posyandu Imunisasi Polio yang dihadiri oleh Keuchik, Aparat Gampong dan juga Bidan desa Lhokdalam beserta kader-kadernya.

Sebelum melakukan tetes polio setiap anak mendaftar terlebih dahulu namanya dan didampingi oleh ibunya masing-masing untuk pendataan dan ternyata di desa Lhokdalam sebanyak 450 anak telah melakukan imunisasi polio.

Dengan antusias masyarakat desa Lhokdalam mengikuti kegiatan Posyandu Imunisasi Polio dan ternyata hujan menguyur Desa Lhokdalam dan sekitarnya sehingga sangat sedikit warga yang menghadiri ketempat tersebut. Kemudian Posyandu dihari pertama hanya melakukan kegiatan dari jam 09:00-13:00 dan dilanjutkan di hari besoknya

Dihari kedua tepat pada tanggal 14 Desember 2022, Terlihat antusias warga Lhokdalam untuk menghadiri posyandu tersebut agar anaknya jauh dari virus polio.

Polio merupakan penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen seluruh tubuh. Penyakit ini dikarenakan virus dan sangat menular terhadap orang lain, dan dapat dicegah dengan melakukan Imunisasi Polio.

Akibat anak yang terserang polio akan menyebabkan sakit kepala, demam dan kehilangan refleks tubuh. Virus polio tersebut dapat menyerang manusia melalui rongga mulut dan hidung. Kemudian virus akan masuk melalui aliran darah sehingga mengakibatkan kerusakan saraf.

Polio dilakukan pada umur 0-12 tahun. Di desa Lhokdalam tersebut hanya melakukan Posyandu Imunisasi terhadap anak 0-5 tahun di umur 5-12 tahun dilakukan kunjungan ke sekolah ditangani langsung oleh bidan yang bertugas. Polio tersebut sudah ditarget oleh negara bahwa 1 botol Polio diperuntukkan sebanyak 50 anak dan setiap anak berhak mendapatkan 2 tetes polio tersebut.

Jika ada anak yang belum imunisasi polio akan terkena sebuah inveksi virus yang sangat mudah sekali menular dan menyerang sistem saraf manusia terutama anak usia 0-12 tahun. Khususnya bayi yang tidak melakukan polio dapat menyebabkan kelumpuhan dikarenakan virus kni menyerang sistem saraf yang menakutkan.

Dengan diberikan arahan beberapa manfaat dari imunisasi polio di desa Lhokdalam diantaranya ialah menguatkan imunitas tubuh anak terhadap virus polio

 
KKN TEMATIK IAIN LANGSA 2022

Era Febriana (3022019077)

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam

Fakultas Ushuluddin adab dan dakwah

KKNT-KS 2022

0