Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 00:47


“Inti sari pada kelapa kok bisa jadi kue khas aceh?” kelapa adalah tanaman yang mmpunyai banyak sekali manfaat mulai dari membuat gule rendang bahkan makanan basah lainnya. Nah tanpa di sangka inti sari kelapa juga bisa menjadi bahan pokok dalam pembuatan kue khas aceh. Nama kue khas aceh yang terkenal dengan nama”KUE BOH USEN”.

kue boh usen ini adalah salah satu dari sekian banyak kue khas aceh. Biasanya pada saat lebaran orang-orang suku aceh menyediakan kue khas ini untuk di makan bersama-sama dengan para saudara . Kue Boh Usen ini rasanya manis-manis gurih membuat siapapun yang memakannya menggoyangkan lidah. sehingga ketika mencoba memakannya tidak cukup satu buah untuk memakannya. Kue boh usen ini berbentuk melengkuh seperti bulan  sabit.

Pada umumnya masyarakart aceh membuat aneka kue ketika menjelang lebaran yang di hidangkan untuk bersilahturahmi (uroe raya) pada saat lebaran idul fitri maupun idul adha. Biasanya kue boh usen ini di buat oleh para perempuan-perempuan aceh. Namun karena gurih dan nikmat Kue Boh Usen ini masyarakat aceh pun memakan kue ini pada saat pagi hari sebagai sarapan.

Kue boh usen ini juga cocok di sajikan saat sarapan pagi bersama teh hangat sehingga ketika di padukan bersamaan rasanya bisa pecah di mulut. gurih yang bersumber dari kue boh usen dan manis dari the hangat tersebut. Kue ini juga sangat mengenyangkan karena terdapat karbohidrat didalamnya. Dengan bentuk seperti bulan sabit membuat orang luar aceh penasaran dengan kue makanan khas aceh ini.

Dalam pengabdian masyarakat ini saya mengunjungi seorang pengusaha UMKM rumahan di desa geudubang jawa. Nama pemilik usaha UMKM ini adalah “BU AS” . Bu As adalah salah satu pengusaha olahan makanan khas aceh yang  bertempat tinggal di desa geudubang jawa. Ia memulai usahanya ini sejak tahun 2000.  Ia mengatakan memulai usahanya dengan modal setengah kilogram gula pada awalnnya. “niat hati mencoba usaha eh malah keterusan” bu as ini menjual berbagai makanan khas aceh seperti Kue Bhoie atau yang biasa di kenal dengan kue ikan, Kue Boh Usen, bahkan juga kue sangkar burung.

Untuk menggeluti usaha makanan khas aceh ini butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan pelanggan. Awal usaha ini bu as hanya seorang diri dalam pengerjaan kue-kue khas aceh ini namun sekarang ia memiliki beberapa karyawan yang handal untuk membuat kue –kue tersebut. “bu as”menceritakan kepada saya terkait usaha yang ia geluti ini adalah hasil resep yang di dapat turun temurun dari orang tuanya. Ia mengatakan juga  harus sabar ketika berusaha karena pasti ada pasang surutnya saat penjualan.

Kue Boh Usen ini adalah salah satu favorite makanan khas aceh yang sangat di senangi pada saat perayaan idul fitri atau hari besar lainnya. Bahkan Kue Boh Usen ini juga menjadi oleh-oleh khas aceh yang bisa di jadikan buah tangan untuk para sanak saudara. Kue Boh Usen ini ketika sudah mau mendekati hari raya atau hari besar lainnya lumayan habis di borong oleh orang-orang. Karena rasanya yang enak dah gurih-gurih nyess” membuat orang suka memakannya. Bu As juga mengatakan pada kami bahwa” orang kalau mau ada acara pesta banyak juga kok yang memsan kue boh usen ini sebagai hidangan” Kue Boh Usen ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat aceh jadi saat acara-acara besar pun tak ketinggalan kue kecil seperti bulan sabit ini di gemari dari anak-anak remaja hingga orang dewasa.

Anda penasaran hal apa yang membuat kue boh usen ini menjadi kegemaran masyarakat aceh? Siapa sangka bahwa Kue Boh Usen ini terbuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana dan memanfaatkan kelapa? Kok bisa nah disini saya akan memberikan informasi khusus terkait pembuatan kue boh usen khas aceh . resep ini saya dapatkan dari pemilik umkm di desa geudubang jawa yang memproduksi makanan khas aceh yang salah satunya bausen yaitu “Bu As”.

Bahan yang pertama½ tepung beras di gongseng dan bahan kedua sachet vanili, au bahan-bahan seanjutnya Gula halus,Garam halus,Santan,Inti sari kelapa parut,Dan bahan terakhir telur

Nah siapa sangka bahan yang mudah di dapat ini dan harganya ekonomis menjadi makanan kue yang sangat gurih dan bergizi. Dalam proses pembuatannya tepung wajib di gongseng biar enak dia rasanya” kata bu as ketika proses pembuatannya saya melihat para pekerja pembuat kue ini  dengan lihai mencampuri bahan-bahan tersebut lalu adonan kue boh usen ini di pipihkan dahulu nah uniknya kue boh usen ini bisa berbentuk bulan sabit karena mencetaknya menggunakan ujung gelas sehingga berbentuklah bulan sabit. Setelah itu di goreng sebelum di goreng balurin dengan tepung terigu  di goreng hingga warnanya menjadi golden brown. “ naaah jadi deh” itu lah kata pekerja pembuat kue boh usen ini. Pekerjanya ini pun mengatakan pada kami bahwasannya yang membedakan kue ini dengan kue lainnya adalah karena terasa kelapa nya. Dan gurihnya kue ini bersumber dari inti sari kelapa ini.

Kue Boh Usen ini sangat enak di makan saat baru jadi karena rasanya bakal lebig gurih dan renyah. Kue boh usen ini juga tidak bisa bertahan dengan lama .”kalau di simpan waktu yang lama takutnya tengik dek” itulah yang di katakana para pekerja usaha UMKM di tempat Bu As itu. Padahal kue ini bahan-bahannya murah dan pembuatannya jugak mudah tapi rasanya nikmat sekali. Sebenarnya yang kita sangat perlukan disini hanyalah inti sari kelapa yang bagus sehingga kue boh usen ini pun menjadi nikmat karena letak kenikmatan dan gurihnya Kue Boh Usen ini terletak pada inti sari kelapanya. Pemanfaatan ini sari kelapa ini membuat  pemberdayaan buah kelapa yang awalnya hanya bisa di buat makanan berkuah dan berlemak namun pada masyarakat aceh pemberdayaan kelapa ini bisa juga di buat menjadi bahan dasar kue aceh yang sangat nikmat .

Nah sahabat itulah bebersapa informasi terkait informasi terkait kue boh usen yang saya dapatkan ketika melakukan pengabdian masyarakat pada umkm di desa geudubang jawa kota langsa. Semoga pembaca dapat mendapatkan informasi terkait artikel yang di baca ini sekian terimakasih

Oleh: silviarisa br. Nasution
KKN IAIN Langsa 2022

0