Vitra Yuqadhirza
18 Dec 2022 at 14:35


Begitu banyak sekali kerajinan tangan diindonesia yang memiliki harga dan keunikan tersendiri, baik kerajinan kain planel, kerajinan anyaman, kerajinan akrilik, Kerajinan bambu,  kerajinan barang bekas, Kerajinan dari Botol, Kerajinan Perca Perak, Kerajinan Eceng Gondok, Gelang, Kerajinan Gantungan Kunci, Kerajinan Kulit, Kerajinan Besi, Kerajinan Logam, Kerajinan Manik-manik, Origami, Kerajinan Perak, Kerajinan Rotan, Kerajinan Tangan.

bahwa saat ini dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi. Dan tentunya dengan adanya internet membantu banyak orang untuk mendapatkan informasi. Namun saat ini juga digunakan sebagai tempat jual beli. Artinya produsen yang memiliki produk telah menjual produk/kayunya di internet dan konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang ditawarkan secara online.

 

Hal ini juga terjadi di dunia kreatif. Sedangkan saat ini sudah cukup banyak pengusaha kerajinan yang sudah menjual produknya di internet dan sebagian dari mereka sangat memahami cara pemasaran online dan aturan mainnya. Mereka mampu bertahan dan terus meningkatkan penjualan dan permintaan pasar.

Dari salah satu  kerajinan tangan akrilik penulis wawancarai “Galeri Cantik” yang beralamat di Desa Landuh, Kecamatan Rantau, Kab. Aceh Tamiang yaitu usaha milik ibuk nova dan pekerja lainya, mereka memakai strategi pemasaran  dengan menggunakan social media seperti facebook, instagram, dan Whatsapp. Dan memiliki beberapa join reseller dan dropshiper, mengutamakan market place di daerah seputaran terdekat, karena jika memasarkannya dengan daerah jauh biaya ongkir terlalu mahal, dikarenakan pengiriman dari aceh tamiang, ongkos kirim kalah bersaing.

 

Dan tentunya penulis juga ikut sharing bagaimana memasarkan produk kerajinan tangan melalui media sosial hingga mampu mendatangkan calon pembeli produk kerajinan tangan akrilik usaha  ibuk nova.

            KKN TEMATIK 2022, IAIN LANGSA
            -Vitra Yuqadhirza, Novita Jayanti, Abdi Mulya

0