Vitra Yuqadhirza
18 Dec 2022 at 14:28


Akrilik adalah sejenis plastik yang mirip dengan kaca namun memiliki sifat ya membuatnya lebih baik dari kaca.Akrilik adalah lembaran plastik yang sangat keras. Warna tidak cepat pudar dan ringan merupakan keunggulan akrilik yang menjadikannya sebagai bahan baku kerajinan. Akrilik digunakan untuk membuat berbagai produk. Akrilik lebih kuat dari kaca, sehingga lebih awet dan tidak pecah, sehingga lebih aman. Properti unik atau karya akrilik adalah kelenturan dan tidak ada lapisan atau serat dalam struktur akrilik.


Kegiatan KKN DARING Membuat bros ini dilaksanakan pada tanggal 3 Desember di Desa Landuh,Kuala Simpang, Waktu pelaksanaan dimulai dari pukul 14.30 hingga 17.00 dengan dibantu oleh beberapa teman kelompok.

Karakteristik Akrilik adalah:

Akrilik memiliki sifat yang disukai banyak orang, sehingga  mereka memilih untuk menggunakannya. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1.      Sangat ringan

2.      Daya tahan yang kuat

3.      Lentur dan tidak mudah patah

4.       Mudah dipotong dan dilubangi, mis. dengan bor

5.      Bening seperti kaca

6.      Meninggalkan kesan elegan dan modern


Adapun cara membuat Bros dengan bahan Akrilik yaitu:

1.      Siapkan semua bahan  yang diperlukan. Langkah pertama adalah memotong kabel dengan panjang sekitar 25 cm. Rangkai manik-manik akrilik satu per satu. Posisi manik-manik akrilik harus sama.

2.       Pita salib. Kencangkan ikatan dengan erat agar akrilik tidak kendur. Kencangkan utas 2-kali.

3.      Setelah itu, ikat kelopak akrilik di sepanjang manik-manik dan masukkan tali ke dalam lubang manik-manik, lalu ulangi hingga kelopak selesai satu per satu.

4.      Siapkan alas bros, masukkan tali ke  lubang  bros. Jadi tempat talinya ada di bawah tapak broch.

5.      Selanjutnya, biarkan  senar lainnya di tempatnya, masukkan mutiara sintetis. Tarik dengan keras. Masukkan tali di bawah  bros ke dalam lubang di samping. Sehingga posisi senar berada di atas. Tarik senarnya kencang. Ulangi hal yang sama 3- kali untuk memperkuat bunga.

6.      empatkan kedua pita di atas dan ikat pita seperti pada langkah 2. Ulangi hal yang sama sebanyak 3- kali, agar bros bunga  sangat kuat dan tidak goyah. Potong kelebihan benang dengan gunting.

Proses pembuatan kerajinan akrilik  yang cukup sederhana dan sama kerennya dengan yang di perjual belikan biasa. Selamat mencoba teman - teman.


KKN IAIN LANGSA 2022

-Vitra Yuqadhirza, Novita Jayanti, Abdi Mulya



0