Christina D A Mambay
07 Dec 2022 at 19:24


Musamus atau yang dikenal dengan Rumah Semut dapat kita temukan di Savana Australia dan Afrika.Namun tauhkah kalian bahwa selain di 2 negara ini kita dapat menemukan di negara kita juga loh ,lebih tepatnya di Kota Merauke Provinsi Papua Selatan.


Musamus sebenarnya bukan dibuat oleh semut seperti namanya ,melainkan dibuat oleh hewan sejenis rayap Macrotermes sp.Namun jika kita pikir-pikir rayap berukuran kecil ,namun siapa sangka mereka mampu membangun sarang yang sangat menjulang tinggi.


Tingginya bisa melebihi tinggi orang dewasa loh ,yaitu sekitar 5 meter dan memiliki diameter lebih dari 2 meter.Musamus sendiri terbuat dari bahan dasar rumput kering ,tanah ,dan air liur rayap yang membuatnya. Jutaan rayap membangun musamus dan menjadikannya sebagai tempat tinggal bagi kolonil mereka.


Rayap-rayap ini juga membangun tempat tingal mereka dengan kokoh dan kuat ,hingga bisa menahan berat badan manusia dewasa saat memanjatnya.Tekstur musamus memiliki permukaan berlekuk-lekuk loh ,dan berwarna coklat kemerahan bila kita lihat hingga ke dalam maka kita akan menemukan lorong-lorong yang rumit.


Lorong ini selain sebagai tempat tinggal ,lorong ini juga berfungsi sebagai rongga ventilasi yang menjaga kestabilan suhu di dalam musamus agar tetap hangat.Lorong-lorong ini juga memberikan perlindungan aman bagi kolonil rayap yang tinggal di dalamnya ,dikarenakan mereka akan terlindungi dari perubahan suhu yang ekstrim ,bahkan kebakaran hutan sekalipun


Musamus ternyata sudah memiliki filosofi yang sangat bermakna bagi masyarakat kota merauke ,yaitu jadilah seperti rayap-rayap di musamus yang "Bekerja dalam senyap,tidak perlu banyak berbicara ,tetapi hasilnya kelihatan dan besar.

1

Avatar
Lam Ganda Sari Sitinjak
"Bekerja dalam senyap,tidak perlu banyak berbicara ,tetapi hasilnya kelihatan dan besar" nice quotes
1 year ago