Ratih Amalia Lestari
15 Nov 2022 at 09:10


PENDAPAT BUYA SYAFII DAN KARTINI MEMBELA KEHIDUPAN PEREMPUAN

 

Oleh: Ratih Amalia Lestari Anggota Duta Damai BNPT Provinsi Papua

 

Melalui kajian yang dikemukakan oleh Buya Syafii dan Kartini, dapatlah diperoleh gambaran bahwa di beberapa belahan dunia, kehidupan perempuan masih sangat diskriminatif. Pengkerdilan peran perempuan atas nama agama dan sosial budaya sudah terjadi pada masa lalu dan terjadi dalam tempo yang lama. Sehingga sangat sedikit perempuan yang dapat mengembangkan dirinya.

Namun, di belahan bumi yang lain, akan dapat ditemukan perempuan-perempuan yang memiliki kesempatan menggali potensi dirinya. Dengan segala keinsyafannya dan juga dengan kodrat peduli yang dimilikinya, ia menjelma menjadi perempuan yang cerdas dan peduli pada kaumnya yang tidak memiliki kesempatan sepertinya. Akhirnya muncul berbagai gerakan yang mengutuk diskriminasi terhadap perempuan dan meminta adanya penyetaraan hak antara perempuan dan laki-laki. Gerakan yang membela kaum perempuan ini, umumnya dikenal dengan gerakan feminisme.

Feminisme digaungkan dengan harapan dapat membuka mata dunia, bahwa ada makhluk bernama perempuan yang memiliki hak hidup yang sama dengan laki-laki. Sehingga diskriminasi dan tindakan semena-mena terhadap perempuan harus dihilangkan. Perempuan perlu diberi hak dan kesempatan yang sama untuk dapat berpartisipasi dalam kemajuan dunia, perempuan perlu diberi kesempatan untuk menimba ilmu dan berkarya.

 

0