Riska Yuli Nurvianthi
04 Aug 2022 at 07:54


Tepat hari Sabtu-Ahad tanggal 2-3 Juli 2022 lalu, sekitar 23 organisasi maupun komunitas yang aktif  mengawal isu perdamaian Se-Kota Makassar menggelar kegiatan kemah damai dengan tema “Menguatkan Jejaring, Bergerak Bersama”di Suaraka, Tinambung Desa Bissoloro, Kabupaten  Gowa.

Sekitar kurang lebih 70 orang yang terlibat dalam kemah damai tersebut, 3 diantaranya adalah perwakilan dari teman-teman Duta Damai Sulawesi Selatan. Kemah damai yang diusung kurang lebih 2 bulan ini sejak Juni 2022 berlangsung dengan harmoni dan sesuai ekspektasi seluruh elemen perdamaian yang terlibat.

Kegiatan `kemah Penggiat perdamaian ini  di inisiasi oleh KITA BHINEKA TUNGGAL IKA dan disetujui seluruh organisasi maupun komunitas yang tergambung dalam barisan Aliansi Perdamaian Makassar yang di bentuk tepat 2017 lalu yang berkolaborasi dengan forum Barani Makassar dan  Jaringan Lintas Iman (JALIN) Harmoni.

Kemah damai ini yang merupakan kegiatan perdana kolaborasi 3 forum yang fokus mengawal berbagai isu-isu perdamaian di kota Makassar dan terdiri dari beberapa organisasi didalamnya yang aktif menyuarakan pentingnya hidup damai khususnya di Sulawesi selatan.

Duta damai Sulawesi selatan sendiri, bergabung dalam barisan Aliansi Perdamaian Makassar sejak awal dibentuk yaitu tepat hari perdamaian internasional September 2017 lalu yang di laksanakan di anjungan pantai losari oleh KITA BHINEKA TUNGGAL IKA sebagai inisiator terbentuknya forum Aliansi Perdamaian Makassar.

Keseruan kemah damai tersebut dilihat dari antusiasnya para seluruh peserta yang terlibat. Kegiatan berlangsung selama 2 hari merajut beberapa poin penting yakni menjalin kedekatan antar penggiat perdamaian yang terlibat dan menumbuhkan kerjasama untuk mengawal Makassar untuk Sulawesi selatan yang damai dengan harapan besar jejaring kuat dan bersama bergerak lebih baik.

Selain itu, merumuskan rencana agenda-agenda kedepan sebagai  awal tindak lanjut kolaborasi damai menjadi pembahasan yang paling menarik dan berkesan antar seluruh peserta yang terlibat, menghitung hari perdamaian internasional (World Peace Day) yang jatuh kurang lebih 2 bulan lagi dari sekarang yaitu 2 september 2022 akan segera tiba.

Duta damai Sulawesi selatan sangat berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus di masifkan dan semakin banyak orang yang dengan suka rela ikut melibatkan diri menjadi agen of peace, menjadi penebar perdamaian dan memahami hakikat damai yang sejatinya.

0