Hasna Salma
18 Apr 2020 at 22:00


Meski harus berkegiatan di rumah mengikuti himbauan pemerintah, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan tetap berolahraga di dalam rumah. Jika bingung saat hendak melakukannya karena keterbatasan waktu, tidak perlu khawatir. Karena kita bisa melakukan 'tabata', yang hanya membutuhkan waktu 5 - 10 menit saja. Tapi apa itu tabata?

Sederhananya, tabata merupakan olahraga yang menggabungkan berbagai latihan kardio, latihan kekuatan, dan sebagainya dalam satu waktu, untuk meningkatkan kebugaran, dan performa olahraga.  Berikut beberapa manfaat yang akan kita dapatkan selama #dirumahja, dengan melakukan tabata :

 1. Hemat Waktu

Olahraga lain sedikitnya  membutuhkan waktu 20 menit, berbeda dengan tabata yang hanya membutuhkan waktu paling sedikit 5 menit saja. Sehingga ini merupakan salah satu olahraga yang efektif, untuk dilakukan ditengah banyaknya aktifitas saat harus bekerja di rumah.

 2. Tubuh Tidak Cepat Lelah

Tabata merupakan olahraga berintensitas tinggi, dengan durasi istirahat yang lebih singkat. Sehingga bisa meningkatkan kapasitas aerobik, dan anaerobik tubuh. Efek yang akan dirasakan, aktivitas terasa lebih lancar tanpa mudah merasa lelah.

 3. Efektif Membakar Lemak

Efek afterburn yang bisa didapat tentu akan membuat kita melakukan tabata lagi dan lagi, karena memungkinkan tubuh membakar kalori lebih banyak. Bahkan sesudah 1 - 2 hari, setelah olahraga dilakukan.

 4. Membentuk Otot

Latihan yang melibatkan cukup banyak gerakan eksplosif, dapat menimbulkan luka pada jaringan otot yang memicu tubuh memperbaiki kerusakan tersebut. Dan mengganti dengan sel otot yang baru, yang nantinya akan membantu pembentukan otot.

Lalu apa saja gerakan sederhana yang bisa dilakukan saat workout #dirumahaja? Gerakan - gerakan tabata yang bisa dilakukan yaitu, naik turun tangga, sit up, push up, squat jump, dan lompat tali. 

0