Riska Yuli Nurvianthi
29 Jun 2022 at 13:41


Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia. Bahkan komunikasi telah menjadi suatu fenomena bagi terbentuknya suatu masyarakat atau komunitas yang terintegrasi oleh informasi, dimana masing-masing individu dalam masyarakat itu sendiri saling berbagi informasi (information sharing) untuk mencapai tujuan bersama.

Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan informasi dari orang yang menerima pesan.  Sahabat damai tahukah kalian informasi akan bermasalah jika penyampaian komunikasi kurang  baik, dan bisa saja perbedaan makna akan terjadi, biasanya inilah yang menyebabkan munculnya kesalahpahaman diantara dua orang tersebut

Komunikasi terjadi untuk menyemakan pendapat dan pesan juga sebagai jalan menyelesaikan perbedaan yang ada.  Moor (1993:13) mengemukakan definisi tentang komunikasi, yaitu bahwa komunikasi adalah Penyampaian pengertian antar individu.

Dikatakanya semua manusia dilandasi kapasitas untuk menyampaikan maksud, hasrat, perasaan, pengetahuan dan pengalaman dari orang yang satu kepada orang yang lain. Pada pokoknya komunikasi adalah pusat minat dan situasi perilaku dimana suatu sumber menyampaikan pesan kepada seorang penerima dengan berupaya mempengaruhi perilaku penerima tersebut.

Komunikasi sebagai tindakan satu arah (linier), yaitu proses dimana pesan diibaratkan mengalir dari sumber dengan melalui beberapa komponen menuju kepada komunikan (sendjaja, 2004:178). Komunikas linier ini selalu dikaitkan dengan komunikasi model which channel to whom with what effect atau siapa berkata apa melalui siaran apa kepada siapa dengan efek apa (effendy, 1983:10).

Dalam konteks ini, komunikasi dilakukan dengan sengaja oleh seseorang untuk menyampaikan pesan kepada orang lain demi memenuhi kebutuhannya, seperti membujuk atau menjelaskan sesuatu. Dengan demikian, pemahaman komunikasi sebagai proses satu arah tersebut mengabaikan komunikasi yang tidak sengaja atau direncanakan, seperti mimik muka, nada suara, gerakan tubuh dan sebagainya yang dilakukan secara spontan.

Sahabat damai, pentingnya komunikasi dilakukan untuk mencairkan suasana sebagai  proses satu arah memfokuskan pada penyampaian pesan secara efektif  dan tidak menimbulkan permasalahan bahkan pertikaian.

Sejatinya kita menghindari adanya konflik, terlebih memusuhi tanpa sebab dan diam tanpa tindakan atas berbagai kejadian yang kurang bersahabat dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga komunikasi menjadi salah satu jalan menyatukan yang tidak bersatu dan menyamakan yang sedang berbeda pendapat tanpa harus bersikukuh dalam keegoisan.

Tanpa komunikasi, suasana akan menjadi hambar, kaku dan suasana akan mati diakibatkan tidak adanya interaksi yang terjadi. Tidak ada timbal balik dan masyarakat akan individualis dengan kehidupan dan rutinitas masing-masing. Hal ini jelas menyebabkan cacatnya kehidupan sosial.

Komunikasi yang baik adalah yang dapat dipahami dan dimengerti oleh orang yang menerima informasi,sehingga  sebagai komunikator kita harus menjelaskan kepada komunikan dengan sebaik-baiknya dan tuntas sehingga mereka dapat mengerti dan mengikuti apa yang kita maksudkan.

Sebagai komunikator kita harus memahami lawan bicara dengan tidak memkasakan kehendak pendapat harus diterima melainkan menyamakan presepsi agar tidak saling memojokkan bahkan tidak saling bermanfaat satu sama lain.

Sahabat damai, dengan mencairkan suasana sangatlah penting dalam berbagai situasi sebab akan menghasilkan percakapan yang lebih produktif dan lebih nyaman satu sama lain. sehingga akan tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis bukan malah saling intoleransi satu sama lain.

0