Mustamin
17 Apr 2020 at 17:57


Ditengah pandemi corona, rutinitas harian yang biasa dilakukan kini tidak bisa berjalan seperti biasanya. Namun asupan yang sehat harus tetap dilakukan, agar imunitas selalu tejaga  dengan baik.  Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, saat diharuskan bekerja dari rumah.


Menjaga Gizi Seimbang

Pola makan sehat telah terbukti mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, obesitas, mengurangi depresi dan kecemasan. Lakukan diet seimbang dengan cara menjaga makanan, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A,B,C,D dan E, mineral besi, seng dan selenium.

Vitamin B bisa didapat dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan ayam, kacang-kacangan, pisang, telur, unggas dan Ikan. Vitamin ini sangatlah penting bagi otak dan menjadi bahan kimia  pembentuk hormon kebahagiaan, yaitu serotine dan dopamine.

Penting juga untuk menjaga kesehatan pencernaan yang terbukti memiliki dampak luar biasa pada suasana hati dan perilaku. Prebiotic dan probiotik yang ditemukan dalam makanan fermentasi seperti kefir, tempe, kimchi dan yogurt dapat mengurangi peradangan, menigkatkan suasana hati dan fungsi kognitif.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan agar kita tidak beralih kerokok, alkohol, atau obat-obatan terlarang lainnya, untuk menghadapi masalah emosi kita. WHO merekomendasikan untuk berbicara dengan dokter atau psikologi, jika dirasa berada di luar kendali.


Istirahat yang Cukup

Tidur sangat penting bagi tubuh, guna perbaikan sel, membersihkan racun, mengkonsulidasikan ingatan dan memproses informasi. Kurang tidur mempunyai dampak besa bagi kesehatan, karena bisa mempengaruhi konsentrasi, kesejahteraan psikologis dan kecerdasan emosi.

Mempertahankan kualitas tidur secara teratur sangatlah penting, agar hari – hari bisa tetap berjalan dengan baik. Jika merasa sulit tidur karena cemas dan khawatir, cobalah untuk membatasi diri dari membaca berita sebelum tidur. Langkah ini juga ini dapat membantu mengurangi paparan akibat layar computer atau telepon genggam dimalam hari, karena efek cahaya biru pada retina dapat mengganggu kualitas tidur.


Olahraga Teratur

Olahraga melepaskan bahan kimia dalam tubuh yang membuat kita merasa lebih baik. Selain itu, olahraga juga dapat meningkat kualitas tidur, mengurangi stress, kecemasan dan meningkatkan memori serta kemampuan kognitif. Markus Thormann, pemilik pusat kebugaran di Jerman merekomendasikan gerakan moderat selama 30 menit setiap hari, seperti yang dianjurkan oleh WHO.

 

Lakukan Kegiatan yang Menenagkan

Himbauan pemerintah untuk menjaga jarak, dapat menjadi kesempatan sempurna bagi banyak orang untuk rehat dari rutinitas padat sehari – hari. Berkebun, memasak, mengisi teka – teki silang, membuat kerajinan, menjahit, dan melakukan meditasi. Bisa dijadikan alternatif untuk menenangkan hati dan fikiran sejenak, dari padatnya aktifitas kita.

Kegiatan di atas tidak hanya harus dilakukan bagi kita yang berada di rumah, namun bisa dilakukan juga oleh teman – teman yang masih harus bekerja di luar rumah.

 

0