Riska Yuli Nurvianthi
29 Jun 2022 at 09:38


Pendidikan adalah tombak inteletual manusia. Islam mengajarkan untuk menjadi manusia yang berintelektual. Sejak dari Sekolah dasar hingga hadirnya perguruan tinggi ataupun kelas universitas menjadi tempat awal peradaban intelektual berkembang.

Olehnya Sahabat damai, tahukah kalian apa nama universitas islam tertua yang ada di dunia dan bagamana sejarah dibentuknya? Mari kita simak yuk !

Universitas atau perguruan tinggi berasal dari bahasa Latin asli yang dapat diartikan “orang-orang yang terasosiasi dengan sebuah badan, masyarakat, perusahaan, komunitas, kelompok pekerja, korporasi, dan lain-lain”.( Dikutip A Latin Dictionary (1966) karya Charlton T. Lewis, dan Charles Short).

Abad ke Sembilan hingga ketiga belas merupakan  masa keemasan Intelektual dunia Islam yang ditandai dengan era perkembangan ilmiah, religius, filsafat dan kebudayaan dalam skala serta kedalaman yang tak tertandingi dalam sejarah, baik sebelum maupun sesudah era tersebut.

Sahabat damai, tak ada tempat lain didunia ini yang mampu memadukan para cendikiawan belatar belakang beragam budaya sehingga  masa keemasan inteltual menjadi sebuah era yang tak hanya berperan sebagai jembatan antara pengetahuan kuno dan Renasans Eropa, tetapi juga menjadi fondasi bagi dunia ilmiah modern.

Hal- hal tersebut semakin tampak nyata ketika pada era didirikan sebuah Bayt al- Hikmah oleh Khalifah al- Makmur dari Bani Abbasiyyah di Baghdad, dimana Ia mengumpulkan para ahli dari segala pelosok negeri untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan ilmiah terpusat pada satu area yang terhimpun dalam Bayt al- Hikmah.

Tidak lama dari era tersebut juga, sejarah mencatat didirikannya sebuah universitas pertama didunia, yaitu Universitas Karaouin (Qarawiyyin). Al-Qarawiyyin (Al-Karaouine) yang didirikan di kota Fez-Maroko. Kampus yang dirintis dari halaqoh di Masjid al-Qarawiyyin ini didirikan pada masa kerajaan Murabithun.

Pendirinya bernama Fatimah al-fihri pada 859 Masehi. Ketika tahun 1998, Guinness Book of World Records menetapkan Universitas Al-Qarawiyyin sebagai kampus/ perguruan tinggi Islam tertua dan pertama di dunia dan masih digunakan hingga saat ini. Fatima Al- Fihria seorang putri seorang pedagang kaya bernama Muhammad Al-Fihri.

Keluarga Al-Fihri telah bermigrasi dari Kairouan, Tunisia ke Fes pada akhir abad ke-8 dan bergabung dengan komunitas pendatang lainnya dari Kairouan yang telah menetap di sebuah distrik barat kota. Fatima dan kakaknya Mariam, juga memiliki riwayat pendidikan yang cukup baik.

Selepas Ayahnya (Muhammad Al-Fihri) wafat,  Fatima dan Maryam mewarisi sejumlah besar uang dari ayah mereka, lalu Fatima berjanji untuk menghabiskan seluruh warisannya pada pembangunan masjid yang cocok untuk komunitasnya sehingga didirikan lah masjid yang diberi nama Qarawiyyin. 

Dalam perkembangannya, selain tempat untuk ibadah, masjid tersebut menjadi tempat untuk mempelajari agama dan diskusi politik, secara bertahap memperluas pendidikan untuk berbagai mata pelajaran, khususnya ilmu alam. Inilah awal pendirian Universitas Karaouin (Qarawiyyin) yang melandaskan pembelajaran lintas ilmu terpadu dengan masjid sebagai pusatnya.

Universitas Karaouin (Qarawiyyin) memiliki peran utama dalam memadukan dan menjalin hubungan antara budaya dan dunia akademis antara Islam dan Eropa pada abad pertengahan. Di antara mata pelajaran yang diajarkan di universitas ini, di samping Al Qur’an dan ilmu Fiqih (hukum Islam) yang menjadi pelajaran utama, adalah tata bahasa, retorika, logika, kedokteran, matematika, astronomi, kimia, sejarah, geografi dan musik.

Universitas ini menjadi satu-satunya tempat pendidikan Islam yang pertama mahasiswanya bukan hanya golongan muslim melainkan beberapa cendekiawan Kristen dan Yahudi juga tercatat perna belajar didalamnya. Sahabat damai, adanya cendikiawan non muslim mejadi salah satu mahasiswa di universitas tertua di dunia, menggambarkan bahwa memang sejak dulu toleransi  antar beragama selalu di utamakan.

0