A Sofyan N
08 Apr 2022 at 14:40


Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan penuh berkah dan ampunan, Bulan Suci Ramadhan 2022. Sahabat Damai sudah mempersiapkan apa aja nih? Eitss jangan sampai lupa sebelum memasuki bulan Ramadhan ada banyak sekali amalan yang dapat kita lakukan. Sebagai bentuk menyambut bulan suci, Sahabat Damai silakan baca tulisan ini sampai habis.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan serta berkah dan ampunan. Dalam sebuah hadits riwayat Ahmad disebutkan, bahwa pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup pada bulan ini.

“Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Ahmad).

Nah, Sahabat untuk itu kita perlu banget nih mengetahui amalan-amalan apa yang sebaiknya kita lakukan dalam mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan. Yuk jangan kasih kendor bacaannya.

1. Membayar Utang Puasa

Membayar utang puasa yang telah lalu merupakan persiapan yang paling penting dan wajib banget kita lakukan Sahabat. Saat puasa lalu, mungkin beberapa dari kita sedang berhalangan atau dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk berpuasa. Oleh sebab itu, jangan sampai lupa mengganti sejumlah puasa yang terlewatkan.

2. Memperbanyak Puasa Sunnah di Bulan Syaban

Bulan Syaban merupakan waktu terbaik untuk melaksanakan sejumlah puasa sunnah. Bulan ini adalah satu bulan sebelum memasuki Ramadhan dan pada masa hidupnya, Rasulullah SAW seringkali melakukan puasa di bulan ini. Selain itu, bulan ini juga bisa menjadi bulan latihan untuk berpuasa penuh selama bulan Ramadhan nanti. Sahabat Damai, semoga puasa Ramadhannya lancar yahh.

3. Memperbanyak Bacaan Al-Quran

Amalan lainnya yang dapat kita lakukan menjelas Ramadhan ialah memperbanyak bacaan ayat suci Al-Quran dan mempelajari banyak sekali pengetahuan dalam Al-Quran. Pada kegiatan ini, tentu saja akan memberikan kita sejumlah pahala sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Allah SWT, selain itu kesempatan untuk memahami pengetahuan dan kisah para Rasulullah yang tertulis dalam Al-Quran.

4. Perbanyak Ilmu Mengenai Puasa Ramadhan

Nah, salah satu hal yang penting juga nih. Sama seperti halnya membaca Al-Quran, kita juga memerlukan bacaan lainnya untuk menambah wawasan kita terkait Ramadhan. Amalan-amalan, Doa-Doa serta kegiatan yang baik dilakukan selama Ramadhan. Jangan lupa juga ketahui manfaat puasa Ramadhan, biar puasanya semakin termotivasi.

5. Jangan Lupa Berdoa Agar Dipertemukan dengan Ramadhan

Sebelum jauh memasuki Bulan Ramadhan, ada baiknya kita senantiasa berdoa dan meminta restu Allah SWT agar dapat dipertemukan kembali dengan Ramadhan. Bulan yang hanya dapat kita temui sekali dalam setahun, selama sebelas bulan menunggu. Semoga kita diberi umur yang panjang dan senantiasa dipertemukan dengan bulan Suci Ramadhan.

Banyak orang yang menginginkan hal ini, karena telah paham dan mengerti keutamaan serta berkah yang diperoleh selama Ramadhan. Insyaallah Sahabat Damai sekalian bertemu kembali dengan Ramadhan ini dan yang akan datang. Aamiin Allahuma Aamiin.

6. Perjelas Niat

Wahh, tidak kalah penting nih Sahabat. Jangan sampai lupa dengan niat serta kondisi hati yang harus bergembira dalam menyambut bulan Suci Ramadhan. Hati yang nyaman dalam hal ini akan membawa kita untuk tetap terus bersemangat dalam melewati sebulan penuh puasa Ramadhan. Tentu saja, berkah yang dijanjikan akan kita peroleh juga.

Selain beberapa poin diatas, sejumlah masyarakat pun memiliki adat tradisinya tersendiri dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan. Salah satunya mengunjungi makam atau biasa disebut dengan ziarah kubur.

Sahabat Damai, selalu ingat untuk senantiasa berniat dalam hati demi kebaikan dan jangan lupa semangat dalam menjalankannya.


Referensi : Berbagai Sumber

0