A Sofyan N
08 Apr 2022 at 13:56


Setiap orang pasti ingin memiliki banyak waktu untuk dimanfaatkan dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Namun, tak ada seorangpun yang tahu apakah dirinya dapat hidup lama dan berumur panjang.

Faktor genetika pun bukan sesuatu hal yang dapat menunjang hal tersebut. Meski diyakini sebagai pemegang peran penting dalam keberadaan manusia, ternyata bukan faktor gen yang memengaruhi usia seseorang.

Faktor lingkungan seperti pola makan dan gaya hiduplah yang memengaruhi keadaan tubuh dan jiwa kita di dunia. Faktor inilah yang menjadi kunci panjang umur seseorang. Untuk itu, Sahabat Damai perlu mengetahui kalau ada beberapa kegiatan atau aktivitas yang dapat memperpanjang usia kita.

1. Kurangi Makan dengan Porsi Berlebihan

Dalam tubuh yang sehat terdapat gizi yang seimbang. Ya tentu saja ini bukan sekadar asumsi terkait kesehatan tubuh, melainkan terdapat hubungan antara asupan yang kita konsumsi dengan umur panjang seseorang dan juga kemungkinan penyakit yang lebih rendah.

Dengan membatasi jumlah konsumsi kalori pada tubuh akan membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lemak. Hal tersebutlah yang sangat erat kaitannya dengan rentang hidup seseorang jika dikaitkan dengan pola makan serta pembatasan konsumsi kalori.

2. Makan Makanan yang Pedas

Wahhh, kalau ini kesukaan si penulis nih. Sahabat Damai jangan sampai salah kaprah yah, makanan pedas memang dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang dengan mengurangi risiko terpapar penyakit kronis.

Fakta ini ditemukan oleh dua orang peneliti dari Amerika Serikat dan Tiongkok, mereka memeroleh data bahwa seseorang yang menyukai makanan pedas sangat mungkin terhindar dari kanker dan gangguan pernapasan. Namun ingat Sahabat, makannya jangan berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan.

3. Minum Kopi

Tidak banyak yang mengetahuinya, namun beruntung bagi kamu yang gemar meminum kopi. Antioksidan yang terdapat dalam biji kopi dipercaya dapat memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti jantung dan juga kanker. Selain itu, kopi hitam juga dipercaya dapat membuat kita awet muda. Inikah yang namanya hitam manis sejati, udah hitam manis lagi pantaslah awet muda. Hihihi Jadi pengen minum kopi.

4. Sering Menghabiskan Waktu dengan Oranga Tercinta

Sahabat Damai pasti sudah bisa paham nih, kegiatan yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan. Selain mempererat tali silaturahmi, suasana hati ketika kita sedang beraktivitas dengan seseorang akan berada pada kondisi yang sangat baik. Hal inilah yang meningkatkan peluang seseorang untuk berumur panjang.

Sebuah penelitian juga menyebutkan, bahwa berteman dengan banyak orang dapat mempercepat pemulihan dari suatu penyakit. Manfaatnya sangat banyak yahh, padahal sekadar berteman begitu saja dan beraktivitas bersama.

5. Tersenyum dan Tertawa

Tersenyum adalah satu cara yang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan biaya apapaun. Artinya panjang umur itu sesuatu yang dapat kita peroleh dengan mudah. Seperti halnya relaksasi ketika kita bermeditasi, tersenyum juga dapat menangkal stress.

Ketika kita tersenyum ataupun tertawa, sejumlah zat yang disebut endorfin akan dilepas oleh tubuh dan memperbaikin mood. Endorfin inilah yang membantu kerja aliran darah menjadi lancar dan mempermudah kinerja serta kesehatan jantung

6. Liburan atau Bahasa Kekiniannya Healing

Mau pergi Healing dulu,” kata yang seringkali kita dengar dari orang-orang yang sangat menginginkan kegiatan berlibur atau sekadar melepas penat karena kesibukan. Faktanya seseorang yang sering atau rutin berlibur akan mengurangi tingkat kematian diri.

Hal ini berkaitan dengan rasa stress ketika bekerja dan juga perbaikan sistem imun selama liburan. Kedua hal tersebut akan saling menyeimbangkan diri serta membantu perbaikan sistem tubuh. Selain itu, membantu menyegarkan isi kepala yang diisi begitu banyak tugas dan pekerjaan. Yuk Healing, yuk!

7. Berolahraga

Kalau yang satu ini sih bukan sesuatu yang asing ditelinga. Berolahraga memang dipercaya dapat membantu kesehatan serta metabolisme tubuh. Rutin berolahraga akan menyehatkan jantung serta paru-paru, menghindarkan diri dari rasa stress hingga membantu memperbaiki postur tubuh.

Jika dihitung-hitung akan ada ratusan hingga ribuan manfaat dari berolahraga. Ohya, bagi kamu yang tidak suka berolahraga, kamu bisa menggantinya dengan kegiatan bermain suatu permainan yang mengharuskan kita menggerakkan tubuh.

Beberapa aktivitas dan kegiatan tersebut memang diyakini dapat memperpanjang usia, namun semua itu tidak akan berhasil jika kita tidak bisa menerapkan pola hidup sehat dimanapun dan kapanpun kita berada.


Referensi : Berbagai Sumber

0