Riska Yuli Nurvianthi
10 Apr 2020 at 13:45


Pertarungan melawan Covid si kecil yang mematikan sedang dalam tahap pertempuran yang sengit. Level negara manapun, khususnya Indonesia berusaha mengambil kebijakan terbaik dalam upaya memerangi virus ini. Melihat Negara China yang telah berhasil breakout memenangkan pertarungan melawan Covid-19 penuh semangat dan perjuangan menjadi salah satu pengalaman yang harus diperhatikan negara merah putih.

Data terakhir Depkes RI pada 8 April sudah mencapai 2.491  Jiwa kasus konfirmasi, Sekitar  2.090 jiwa sedang dalam perawatan (84%), dikategorikan sembuh 193 Jiwa (8%). Melihat akumulasi data tersebut mengharuskan seluruh aspek yang terlibat dalam pertarungan Covid -19 terus berjuang keras dalam menangani kasus ini secara bersama-sama.

Semua sektoral diperlukan bergerak bersama, satu komando yaitu bebaskan masyarakat dari penyebaran virus covid-19. Koordinasi seluruh aspek pemerintah baik jajaran tertinggi hingga elemen structural yang paling bawah harus dimasifkan dan dilakukan dengan penuh sistematis.

Indonesia adalah salah satu negara yang paling komplit dalam tatanan pemerintahannya, satu-satunya negara yang memiliki sturktural hingga ranah terkecil (RT/RW). Jika koordinasi pemerintah saling terkoneksi dengan baik maka Indonesia akan segera pulih dan sehat kembali.

Koordinasi yang dimaksud misalnya saja di daerah komunal pedesaan, maka pemerintah daerah setempat menghimbau kepada pihak kecamatan untuk melakukan pemantauan dan pendataan seluruh warganya, baik yang status OTG (Orang Tanpa Gejala), ODP (Orang dalam Pemantauan), PDP (Pasien dalam Pengawasan) bekerjasama dengan struktural terkecil yaitu RT/RW agar pergerakan warga terpantau dengan baik juga menyediakan berbagai sarana umum (Wadah Cuci Tangan), Penyemprotan desinfektan secara berkala agar lingkungan tetap dalam keadaan bersih dan steril.

Meskipun Pergerakan tersebut sedang dilakukan di daerah perkotaan (urban) seluruh elemen tetap wajib bekerja keras mengawal dengan baik sehingga pemantauan terus dilakukan dengan kerjasama setiap pihak yang terlibat.

Empati terhadap orang yang telah terjangkit Covid-19 perlu terus di lakukan dengan semangat dan dorongan mental kearah yang positif agar tidak terjadi perasaan yang terasingkan maupun minder atau rasa takut yang mendalam. Indonesia Negara kuat yang akan menyusul china Breakout dari permasalahan pandemik ini jika semua patuh terhadap aturan dan anjuran yang ada.

0