Bahriannor
27 Jan 2022 at 15:24


Tidak bisa dipungkiri tujuan orang kuliah selain mendapatkan ilmu juga memperoleh gelar Sarjana bagi mahasiswa S-1 , Magister bagi kuliah S-2 dan keprofesian lain sesuai pendidikannya. Diakhir perjalanan seorang mahasiswa akan mendapatkan Ijazah sebaga bukti kelulusan. Ijazah pun saat ini menjadi hal penting  dalam melamar kerja terutama tahap adminstrasi. Lantas apakah hanya Ijazah yang harus kamu pegang dalam menghadapi persaingan ketat didunia luar? Tentu jawabannya ya bagi mereka yang hanya memiliki Ijazah saja, tapi saran penulis adalah skill/kemampuan yang kamu temukan selama kuliah akan sangat membantu. Jika kamu masih  berstatus mahasiswa saat ini, yuk cari skill berikut saat ini juga.

  1. Kepemimpinan, memiliki jiwa kepemimpinan akan sangat membantumu dalam wawancara kerja dan tentu kamu akan paham terkait kebijakan suatu forum atau memimpin sekelompok orang.
  2. Prestasi, memang tidak wajib tetapi memiliki prestasi dibidang kesukaanmu akan menjadi nilai tambah untuk menopang persaingan di tengah masyarakat.
  3. Relasi, tak kalah penting relasi akan membantu kita untuk berjejaring semakin luas. Mungkin tidak dirasakan seketika, bisa jadi 5-10 tahun yang akan datang. (IAN/KIM)

0