Hafizah Fikriah Waskan
31 Dec 2020 at 19:03


OPINI – Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, di Indonesia Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Namun, Hari Guru kali ini terasa sedikit berbeda. Kita harus melaluinya di tengah pandemi, di saat sekolah-sekolah masih diliburkan. Profesi guru juga terasa berbeda, kita dipaksa melakukan pembelajaran jarak jauh demi melindungi diri dan siswa dari penyebaran Covid-19.

Jika dokter menjadi garda terdepan dalam bidang kesehatan, guru tentu layak disebut sebagai garda terdepan dalam bidang pendidikan. Tercatat 191 negara di dunia memutuskan untuk menutup sekolah dan melakukan pembelajaran jarak jauh. 1,6 miliar peserta didik dan 63 juta guru di seluruh dunia merasakan dampaknya.

Banyak hal yang harus kita sesuaikan, salah satunya perayaan Hari Guru Nasional kali ini. Tidak ada perayaan di sekolah. Namun, tentunya hal ini tidak boleh menurunkan semangat kita dan kekhitmatan peringatan ini. Seperti tema yang kali ini diangkat yakni “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar.”

Hari Guru Nasional di tengah pandemi harusnya dapat menjadi pemacu semangat para guru untuk tetap berjuang dan mengabdi demi mencerdaskan kehidupan bangsa, meskipun banyak permasalahan dan rintangan yang harus dilalui.

Lalu, bagaimana kita bisa ikut memeriahkan perayaan Hari Guru kali ini?

Yuk kirimkan pesan terima kasih untuk guru-guru kita yang telah berjuang menjadi pahlawan tanda jasa, pahlawan di garda terdepan pendidikan anak bangsa!

Terima kasih bapak dan ibu guru telah berjuang, telah memberikan yang terbaik dalam pembelajaran jarak jaruh. Sehingga siswa-siswi ibu dan bapak dapat terus belajar meskipun dalam keterbatasan.(Hfw/Nov)

0