Novy Listiana
31 Dec 2020 at 18:49


OPINI – Cukup menarik pembahasan kita kali ini, Sobat Damai. Kita akan bahas Hari Konvensi Ikan Paus.

Loh, ko ada?

Seperti apa dan mengapa ada hari konvensi ikan paus?

Nah, Hari Konvensi yang diperingati setiap tanggal 2 Desember setiap tahunnya ini ditandatangani pada International Convention for the Regulation of Whaling (ICRW) atau Konvensi Internasional untuk Peraturan Perburuan Paus di Washington D.C sejak tahun 1946, Sobat Damai.

Jadi, perjanjian ini dilakukan untuk menyediakan konservasi yang tepat untuk populasi ikan paus, sehingga memungkinkan perkembangan yang teratur dari paus dan berkurangnya perburuan paus. Konvensi inilah yang membentuk Komisi Perburuan Paus Internasional atau International Whaling Commission (IWC). Komisi tersebut merupakan sebuah kelompok global yang mengawasi konservasi paus dan kerabatnya di lautan dunia.

Sebagai komisi perlindungan, ICW berupaya menangani bahaya yang dapat menimpa populasi paus. Mulai dari perburuan paus, tabrakan dengan perahu, perubahan perilaku paus karena wisatawan, dan perubahan iklim. Selain itu, ICW juga melangsungkan perlindungan lengkap berupa penetapan batasan jumlah dan ukuran paus yang boleh dibawa, menunjuk kawasan tertentu sebagai suaka paus, hingga melarang penangkapan paus betina. Seperti itu singkatnya. (Nov)

0