Novy Listiana
31 Dec 2020 at 18:17


OPINI – Hari Solidaritas Manusia Internasional didirikan di bawah pengaruh Deklarasi Milenium PBB yang menentukan hak-hak sipil dan politik seseorang di era modern dengan menjalin hubungan luar negeri antara negara-negara anggota dan PBB.

 

Sidang Umum 22 Desember, 2005 dengan resolusi 60/209 mengakui solidaritas sebagai salah satu nilai fundamental dan universal dan memproklamasikan.

 

Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional diadakan setiap tahun pada tanggal 20 Desember untuk mempromosikan pentingnya berbagi dan budaya solidaritas untuk memerangi kemiskinan dan untuk mendorong pemerintah, LSM, dan hampir setiap individu untuk menyelenggarakan program dan perdebatan baik di tingkat nasional maupun internasional sehingga kemiskinan dapat dikurangi dengan menyebarkan kesadaran.

 

Seorang individu dapat berpartisipasi atau merayakan hari baik dengan berkontribusi pada pendidikan atau membantu orang miskin. Hari ini juga dirayakan dengan membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan sosial atau mental . Namun, pemerintah sangat diharapkan untuk menanggapi kemiskinan dan hambatan lain dalam masyarakat melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang dirancang untuk memfasilitasi masa depan yang baik bagi semua.

 

Nah, Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional adalah :

 

  1. hari untuk merayakan persatuan kita dalam keragaman;
  2. hari untuk mengingatkan pemerintah agar menghormati komitmen mereka terhadap perjanjian internasional;
  3. hari untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya solidaritas;
  4. hari untuk mendorong debat tentang cara mempromosikan solidaritas untuk pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan termasuk pengentasan kemiskinan;
  5. hari aksi untuk mendorong inisiatif baru untuk pengentasan kemiskinan.

Nah, bagaimana apakah sobat damai sekalian sudah merayakan Hari Solidaritas Internasional? (Nov)

Sumber : Wikipedia

0