Aulia Agustina
31 Dec 2020 at 18:09


OPINI-22 Desember? Memangnya ada apa dengan tanggal ini? Apakah ada yang spesial dengan tanggal ini? Lalu apa kaitannya dengan Ibu? Serta mengapa bisa disebut dengan hari ibu nasional? Bikin pensaran? Skuyy mari kita bahas dibawah ini

22 Desember jika dimasukkan dalam perhitungan hari selama satu tahun, maka akan termasuk hari ke-356 dalam kalender Gregorian artinya menjelang 9 hari lagi menuju akhir tahun.

Dengan adanya tanggal 22 Desember maka dianggap sebagai hari penting, mengapa bisa dianggap menjadi hari penting, ternyata pada tanggal itu adalah sebuah peringatan khusus yang  diperingati sebagai hari Ibu Nasional atau lebih tepatnya sebagai perayaan terhadap peran seorang Ibu dalam keluarganya, baik untuk suami nya, anak-anaknya, serta lingkungan sosialnya. Kaitannya dengan ibu tentu saja berkaitan kan, karna hari ibu dikhusukan untuk Ibu saja bukan untuk Ayah atau anak atau pun yang lainnya. Tentu saja banyak hal yang spesial di dunia ini terkhusus peran seorang Ibu yang tidak bisa dipungkiri, karna sungguh besar perjuangannya bagi kita semua, mulai dari kecil hingga besar merawat anak-anaknya dan setia menemani suami, dan yang terpenting adalah kasih sayang yang telah diberikan sang ibu kepada kita sungguh tak terkira sepanjang masa.

Hari ibu dilaksanakan hampir diseluruh penjuru dunia, karna mereka menaggap perlu sebuah penghargaan untuk peran ibu sehingga diberikan sebuah hari khusus untuk ibu yang  dijatuhkan pada tanggal 22 Desember di Indonesia, tidak semua negara tanggal peringatannya sama ya bisa tergantung dari tradisi negara tersebut, artinya dikembalikan lagi kepada kebijakan negara itu kapan menetapkan hari ibu.

Hari ibu memiliki makna khusus dan terpenting yaitu memaknai peran seorang Ibu sehingga pada hari ini dimaksudkan agar Ibu terbebastugaskan dari pekerjaan atau tugas yang biasa ia lakukan pada hari biasanya. Seperti misalnya merawat anak, melayani suami, serta membersihkan pekerjaan rumah tangga, dan lain sebagainya. Guna memberi memberi sebuah penghargaan terhadap jasa sang Ibu.

Jika kita berkaca kepada negara lain mereka merayakan perigatan hari Ibu kebanyakan pada bulan Mei di pekan ke-2 atau minggu ke-2 pada bulan Mei seperti mayoritas negara seperti Amerika, semua memiliki sejarah didalamnya terkhusus negara Indonesia hari Ibu nasional di tetapkan pada tanggal 22 Desember lalu mengapa pada tangga itu, mengapa tidak tanggal yang lain, atau kah memang ada hal khusus sehingga ditetapkannya pada tanggal tersebut.

Berdasarkan sejarah, awal mula pada suatu keyakinan banyaknya opini yang muncul bahwa meyakini hari Ibu pertama kali dilakukan di Amerika Serikat, ketika seorang wanita bernama Anna Jarvis ingin ada momen peryaan khusus karna Ibu nya yang memintanya. Namun kelak ibu nya meninggal dunia sehingga menjadikan sebuah keinginnan yang kuat bagi Anna Jarvis, akibatnya Anna Jarvis berinisiatif dan mengadakan memorial untuk Ibunya pada tahun 1908, tepatnya tiga tahun setelah kematian Ibunya, perayaan ini dilakukan di Gereja Methodist St Andrew di Virginia Barat. Setelah kejadian tersebut, ternyata usahanya mempromosikan hari Ibu membuahkan hasil. Kelak pada tahun 1914 presiden Amerika pada saat itu yang bernama Woodrow Wilson menetapkan suatu hari, dimana hari Ibu sebagai hari libur nasional akibat perjuangan dari Anna Jarvis terciptalah hari Ibu.

Di negara kita sendiri yang kita tempati yaitu Indonesia awalnya hari Ibu menjadi simbol pergerakan perempuan di Indonesia. Jika kita lihat dari negara lain, perayaan hari Ibu biasanya disesuaikan dengan tradisi masing-masing antar negara, lalu bagaimana dengan Indonesia apakah ada tradisi pada tanggal 22 Desember? Memang tanggal tersebut tidak sembarang pilih begitu saja, melainkan berdasarkan lantaran Kongres Perempuan Indonesia pertama pada dulu yang diselenggarakan pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Ternyata tanggal tersebut diresmikan oleh presiden pertama negara Indonesia yaitu bapak Ir. Soekarno sebagai hari Ibu pada tahun 1959, yang bertepatan dengan hari ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan di Indonesia, seperti yang kita tau Kongres Perempuan Inodensia bertujuan untuk memeperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia terkhusus pada bidang pendidikan dan pernikahan.

Ada alasan lain mengapa dijatuhi pada tanggal tersebut, diplih karena melambangkan semangat wanita Indoensia dan meningkatkan kesadaran berbangsa serta bernegara, serta untuk mengenang jasa para pahlawan wanita di Indonesia. Pada saat kejadian itu, sebenarnya Indonesia sudah memiliki hari Kartini, namun ada beberapa pihak dari kalangan masyarakat protes akan hal tersebut, karna mereka menganggap Kartini hanya berjuang di Jepara dan Rembang saja, bahkan mereka menanggap bahwa Kartini lebih pro kepada Belanda, tentu saja menjadi hal yang simpang siur, maka dari itu presiden Ir. Soekarno tidak bisa diam mendengar hal tersebut, sehingga pak presiden menetapkan hari ibu pada tanggal 22 Desember, bukan hanya sebagai hari ibu, dihari tersebut juga bisa mengenang jasa para pahlawan wanita di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu hari Ibu diungkapkan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang terhadap sang Ibu, bisa diapresiasi dengan memberi hadiah-hadiah hingga menggantikan tugas sang ibu oleh sang anak pada hari tersebut. Berbagai kata ucapan mutiara dirangkai yang diberikan kepada sang ibu guna memberikan penghargaan kepada beliau atas jasa-jasa yang beliau berikan kepada kita semua.

Ada sumber yang menyatakan bahwa hari ibu sedunia pada tahun ini yaitu jatuh pada tanggal 10 Mei 2020 atau lebih tepatnya minggu ke dua pada bulan Mei. Artinya hari ibu sedunia juga ada, bukan hanya hari ibu nasional saja. Namun karna bagi sebagian orang hanya mengetahui hari ibu nasional saja, tanpa menyadari ada hari ibu sedunia. Sungguh luar biasa ibu begitu banyak apresiasi yang diberikan kepada seorang ibu, jasa nya begitu berarti dan banyak serta sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, kasih sayangnya begitu dalam. Semoga dengan adanya hari ibu, kita dapat memanfaatkan sebaik mungkin dengan menggunakan momentum tersebut untuk membahagiakan beliau dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya yaitu berfokus membebas tugaskan ibu dari pekerjaan yang biasa ia lakukan dalam sehari-hari. Serta tak lupa juga mengingat jasa para pahlawan wanita yang telah gugur mendahului kita yang telah berjuang membela negara ini.

Selamat hari ibu nasional untuk kita semua terkhsus untuk ibu-ibu yang sudah berjuang bagi kita semua, mereka telah berjasa dan berjuang bagi kita semua dan sekaligus memperingati perjuangan para pahlawan wanila yang telah gugur mendahului kita. Memang pada kenyataannya satu hari tidak akan cukup membayar jasa seorang ibu, melalui hari ini bisa menjadikan sebuah momentum yang berharga. Terimakasih ibu atas jasa-jasa mu yang begitu banyak dan engkau tak pernah lelah merawat kami, dan setia menemani sang suami. (Aau/Nov)

0