Mustamin
14 Dec 2020 at 08:36


Perkembangan teknologi informasi, menuntut berbagai pihak untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan hal baru. Begitu pula yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT – RI). Lewat pembentukan sebuah platform digital bernama BNPT TV Channel, mereka membuktikan hal tersebut.

Platform ini nantinya akan menampilkan konten – konten kreatif, sebagai salah satu bentuk soft approach dalam menangkal ancaman radikal terorisme. Acara ini berlangsung di Nusa Dua Bali Hotel, Bali (12/09/2020) dengan mengusung tema “Bersatu Dalam Keragaman. Selain itu turut juga diperkenalkan program-program yang akan ditayangkan, seperti BNPT Update, Indonesia Bercerita, Garda Merah putih, Incognitalk, Kopi Toleransi, Jejak Baik, Di Ujung Batas, Buah Karya Dari Lapas, dan Clickbait.

Program-program tersebut tidak hanya melihatkan kegiatan BNPT tetapi juga menampilkan pesan-pesan inspiratif seperti toleransi, Cinta Tanah Air, dan Juga Pesan-pesan Kebangsaan yang mengangkat nilai-nilai luhur Pancasila, melalui kemasan yang sangat kreatif dan tentu mudah dipahami dan di terima oleh masyarakat.

Turut hadir juga para tamu undangan dari berbagai kalangan, serta tokoh masyarakat baik secara lagsung maupun virtual zoom. Kepala BNPT RI, Tokoh Budayawan, Tokoh Seniman, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama,  FKPT dan Duta Damai Seluruh Indonesia. Acara ini juga dimeriahkan dengan pembacaan Deklarasi dan dan penandatangan Prasasti Kesiap Siagaan Nasional yang dimana di tandatangani langsung Oleh kepala BNPT RI, Komjen. Pol. Boy Rafli Amar.,M.H., Perwakilan Seniman oleh happy Salma, Perwakilan Tokoh Budayawan  oleh Ida Bagus sidarta Putra, Perwakilan Tokoh agama oleh Idarsi Putra Manuaba, Perwakilan Tokoh masyarakat oleh Cokodra Deputra Sukawati. Prasasti ini diharapkan menjadi simbol persatuan Indonesia. Dengan harapan bisa menjadi simbol persatuan Indonesia.

“Seperti yang kita tahu bahwa kondisi era digital saat ini, mengharuskan kita memilih dan melihat situasi sekarang sebagai peluang. Dengan cara melakukan berbagai inovasi ditengah ramainya penyebar luasan paham radikalisme, intoleransi dan radikalisme terorisme. Dalam hal ini kita melakukan inovasi berupa pemanfaatan perkembangan teknologi informasi, dengan membuat saluran komunikasi public,” ujar Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H,.

BNPT TV Channel ini merupakan sebuah platform digital berbasis website dan aplikasi, yang bisa dinikmati secara gratis melalui situs www.tv.bnpt.go.id. Serta tersedia juga dalam bentuk aplikasi BNPT TV Channel di Google Play Store untuk perangkat berbasis Android, dan sebentar lagi tersedia Di Apps Store untuk perangkat berbasis Ios.

0