Meli Darmayati
10 Jun 2024 at 20:59


Padang-Haji ialah salah satu rukun Islam, dan wajib dilaksanakan bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan secara fisi, mental, dan juga finansial. Setiap tahunnya, jutaan umat muslim dari berbagai penjuru dunia akan berkumpul di Mekah untuk melaksanakan ibadah haji. Mereka bersama-sama melakukan setiap rangkaian ibadah haji dengan sebaik mungkin.

Namun, sebelum melaksanakan ibadah haji ada beberapa aspek penting harus diperhatikan dan juga dipersiapkan oleh jamaah haji, yaitu bagaimana berada ditengah-tengah kerumunan. Seperti yang telah sama-sama diketahui pada saat haji umat muslim yang berada di sana tidaklah sedikit, namun amat sangat banyak. Maka dengan demikian para penyelenggara haji akan berupaya untuk memastikan semua jamaah yang akan melaksanaan haji dengan lancar.

Berbagai upaya dilakukan agar rombongan-rombongan haji tidak terpisah dengan kawan serombongannya. Salah satunya dengan memanfaatkan tekhnologi yang telah ada, yaitu dengan memberikan pelacak lokasi kepada setiap jamaah haji oleh penyelenggara ibadah haji. Hal ini tentu diharapkan mampu untuk mempermudahkan jamaah haji untuk tidak terpisah dari rombongan mereka. Karena, seperti yang kita ketahui ibadah haji dilaksanakan oleh berbagai kalangan usia. Ada yang muda, remaja, dewasa, hingga mereka yang telah lanjut usia.

Pemerintah Arab Saudi juga memberikan pelayanan yang terbaik, misalnya dari segi pelayanan kesehatan. Pemerintah arab Saudi telah menugaskan banyak tim kesehatan yang selalu siap siaga di setiap titik penting, hal ini dilakukan guna untuk menangani kemungkinan situasi yang diluar dugaan.Edukasi kesehatan tentunya juga diberikan kepada para jamaah haji, hal ini agar jamaah haji lebih siap jika menghadapi kondisi fisik berat selama ibadah haji berlangsung.

Jamaah haji juga diberikan edukasi dan pelatihan sebelum pelaksanaan ibadah haji. Berbagai program pembekalan, hal ini diharapkan mampu untuk membantu jamaah dalam memhami tata cara pelaksanaan haji dengan baik dan benar, serta bagaimana etika yang harus dijunjung selama berada di Tanah Suci.

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan jamaah haji diharapkan dapat menunaikan ibadah haji dengan lebih nyaman, aman, dan khusyuk.

0