Firman Ilmi
31 Jan 2024 at 06:38


Duta Damai BNPT RI regional Aceh Kolaborasi dengan Duta Damai Santri BNPT RI  Jawa Timur dan Duta Damai BNPT RI Regional Papua Barat menyelenggarakan  Talks Peach dengan tajuk "Meditasi Perdamaian Sebagai Refleksi Tahun Baru Dalam Menyongsong Indonesia Harmoni” pada Rabu, 3 Januari 2024 secara daring melalui Zoom untuk membahas dialog perdamaian  pada refleksi menyambut tahun baru 2024 dengan tujuan untuk menyatukan orang-orang dari berbagai ras dan latar belakang dalam  membangun pondasi indonesia harmoni. Diskusi dihadiri oleh 35 peserta  dari berbagai latar belakang seperti Duta Damai, mahasiswadan perwakilan komnitas lainnya 

Fazliana, S. Sos menjadi moderator untuk memandu jalannya diskusi yang dihadiri oleh 3 pembicara yang juga merupakan duta damai BNPT RI Aceh, Jawa Timur dan Papua di antaranya Baihaqi, S.Pd. M, Si Ahmad Fuaidi Akbar S.E., M.H Drs. Berth Allen Rumbiak, S.T.

Pembahasan dibuka oleh  Baihaqi, S.Pd., M.Si yang menyoroti bagaimana Aceh menjadi protype perdamaian karna proses perundingan mengunakan prinsip peace with dignity atau perdamaian dengan kehormatan dengan bermartabat salah satunya hal yang menggambarkan kehormatan tersebut adalah GAM tidak menyerahkan senjatanya kepada pemerintah RI, namun oleh GAM sendiri. Untuk menjaga kepercayaan pucuk senjata yang dimusnahkan diiringi penarikan batalyon TNI, sehingga tidak ada kekhawatiran akan diserang ketika telah memusnahkan senjatanya.  ,” ungkapnya. 

Berangkat dari penjelasan tersebut, Berth Allen Rumbiak, S.T memaparkan konteks yang lebih besar dengan memaparkan presentasi singkat berjudul “Konflik Papua dan Solusi Penyelesaiannya, Konflik Papua  salah satu yang terlama dalam sejarah manusia modern. Sebagai sumber utama ketidakstabilan politik, konflik yang disertai kekerasan merupakan penghambat besar bagi kemajuan suatu bangsa. Dari perspektif yang lebih ideologis, kompleksitas permasalahan Papua secara substansial sebenarnya hanya persoalan seputar pemahaman dan relasi konsep keindonesiaan dan kepapuaan.  Semangat, optimisme dan peluang yang sama akan tumbuh pula di Tanah Papua. Sebagaimana Aceh, Papua juga menjadi bagian penting dari konstruksi keindonesiaan” tutupnya.

Tujuan diadakan  Talks Peach   Meditasi Perdamaian Sebagai Refleksi Tahun Baru Dalam Menyongsong Indonesia Harmoni adalah  untuk menyatukan orang-orang dari berbagai ras dan latar belakang dalam platform global. Hari Meditasi Perdamaian Sedunia juga mempromosikan keberagaman dan perdamaian melalui meditasi dan kolaborasi dengan orang-orang dari agama berbeda. Hal ini pada akhirnya membantu membangun perdamaian dunia dan mencegah perang dan kekerasan.


Tim Literasi dan Litbang Duta Damai BNPT RI Regional Aceh

0