Benny Syuhada
31 Jan 2024 at 05:29


Pada Senin (18/12/ 2023) Badan Pengurus Harian (BPH) Duta Damai BNPT Regional Aceh mengadakan audiensi dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh Tengku H. Faisal Ali atau akrab dipanggil dengan Lem Faisal yang diterima langsung di ruang kerja ketua MPU Aceh Kawasan Lampeneurut Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar.

Adapun Pengurus DD Aceh yang hadir antara lain Koordinator DD Aceh, T. Rizza Zulhilma Mully, Wakordiv hubungan antar Lembaga dan kemitraan strategis Benny Syuhada, Kordiv Litbang dan Literasi Firman Ilmi dan Wakil Ketua 2 Ulul Azemi.

Pertemuan diawali dengan silaturrahmi dan paparan singkat dari koordinator DD Aceh T. Rizza Mully tentang profil Duta Damai Aceh dan kegiatan yang selama ini diadakan oleh DD Aceh. Kemudian Lem Faisal menanggapi dengan menceritakan kondisi Aceh terkini yang dimulai dari masa konflik hingga masa damai Aceh.

Lem Faisal mengatakan bahwa di Aceh kini memiliki 2 permasalahan sosial yang menonjol, yaitu Pertama, Kemiskinan yang diakibatkan rendahnya sumber daya manusia. “jika masyarakat SDMnya minim maka akan mudah dipengaruhi”, ujarnya. Selain pengasuh salah satu dayah di Aceh Besar, beliau juga ikut memberdayakan ekonomi dayah dengan membuka lahan pertanian agar terhindar dari krisis pangan. Kedua, Pengungsi Etnis Rohingya yang terus berdatangan ke Aceh secara illegal.

Selain itu, menurut beliau MPU Aceh banyak melakukan konseling agama dan sosial terhadap masyarakat yang meminta konseling keluarga terutama persoalan keretakan keluarga yang tinggi di Aceh pada akhir-akhir ini. MPU juga sangat berperan mendorong pemerintah dalam hal kebijakan anti radikalisme dan terorisme khususnya di Aceh. MPU Aceh berkomitmen dan siap menjalin Kerjasama (kolaborasi) dengan Duta Damai Aceh dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di Aceh.

Jelang Pemiihan Umum (Pemilu) yang akan di gelar 14 Februari 2024 mendatang, MPU sedang menggodok dan mensosialisasikan fatwa MPU tentang Kampanye Damai, Berita Bohong (Hoax) dan Perusakan Atribut Kampanye. Beliau berharap pemilu yang akan digelar berlangsung dengan aman dan damai berdasarkan azas LUBER dan Jurdil. Pada akhir pertemuan diakhiri dengan sesi foto bersama antara ketua MPU Aceh dengan BPH Duta Damai Aceh.


Penulis : Benny Syuhada (Wakordiv Hubungan Antar Lembaga dan Kemitraan Strategis DD Aceh)

0