Patrichia Angelica Bemey
18 Oct 2023 at 16:10


Hari Perempuan Pedesaan Internasional diperingati pada tanggal 15 Oktober setiap tahunnya, peringatan adanya hari ini didedikasikan untuk jutaan perempuan yang tinggal di daerah pedesaan. Hal ini untuk merayakan dan menyoroti pencapaian dan kontribusi mereka terhadap pembangunan pedesaan dan pertanian.

          Hari Perempuan Pedesaan Internasional berfokus pada kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di pedesaan. Seringkali dunia mengabaikan atau melupakan perjuangan yang dihadapi perempuan pedesaan. Oleh karena itu, peringatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi atas kerja keras dan kontribusi perempuan pedesaan terhadap pembangunan masyarakat pedesaan.

Sejarah Hari Perempuan Pedesaan Internasional
Dikutip dari laman resmi PBB, Hari Perempuan Pedesaan Internasional atau International Day of Rural Women diperingati setiap 15 Oktober dan diresmikan sebagai hari peringatan internasional oleh PBB melalui resolusi 62/136 pada tanggal 18 Desember 2007.

Hari internasional ini mengakui peran penting dan kontribusi perempuan pedesaan, termasuk perempuan adat, dalam meningkatkan pembangunan pertanian dan pedesaan, meningkatkan ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan pedesaan.

Ide ini dikemukakan pada saat Konferensi Dunia Keempat yang membahas mengenai perempuan di Beijing, Cina, pada tahun 1995. Diusulkan agar 15 Oktober diperingati sebagai "Hari Perempuan Pedesaan Sedunia".
peran penjaga perdamaian perempuan menjadi sangat krusial untuk mengatasi masalah-masalah terkait GBV dan CRSV di daerah konflik. Indonesia percaya bahwa keberadaan perempuan sebagai personel penjaga perdamaian akan memberikan andil besar terhadap keberhasilan suatu misi, dikarenakan peran perempuan dalam konstruksi sosial di masyarakat serta aspek psiko-sosial yang membuat perempuan mempunyai 'keistimewaan' dalam misi-misi kemanusiaan.

Perempuan dinilai lebih peka terhadap situasi lingkungan dan budaya setempat sehingga meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap keberadaan penjaga perdamaian perempuan; Keberadaan penjaga perdamaian perempuan memberikan rasa aman dan nyaman terutama bagi anak-anak dan perempuan yang seringkali menjadi korban kekerasan seksual dalam suatu konflik;  Penjaga perdamaian perempuan juga memainkan peran sebagai early peace-builders & role model bagi para wanita lokal dalam mendorong aktivitas-aktivitas pembinaan perdamaian, termasuk yang berkaitan dengan aspek keamanan seperti proses gencatan senjata, demobilisasi, dan reintegrasi, serta negosiasi. peran perempuan dalam menjaga perdamaian sangat krusial, keterlibatan perempuan dalam proses perdamaian masih sangat terbatas. Berdasarkan analisa dari UN Women, sebanyak 1.187 perjanjian perdamaian tahun 1990-2017, terdapat 2% mediator perempuan; 5% negotiator perempuan dan 5% saksi dan penandatangan perjanjian perdamaian perempuan.

Untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam misi penjaga perdamaian, kita membutuhkan komitmen politik yang kuat untuk berinvestasi pada hal-hal yang dapat meningkatkan peranan perempuan dalam pengambilan keputusan nasional dan setiap tahap proses perdamaian. Ini dapat diterapkan melalui pembuatan dan pelaksanaan kebijakan yang sesuai dengan hak-hak perempuan (kesetaraan dan non-diskriminasi), reformasi budaya dan sumber daya yang memadai.

Salah satunya dengan menciptakan jaringan Global Gender Advisory, yang terdiri atas para penasihat ahli dalam hal pengarusutamaan gender. Jaringan ini berfungsi untuk memastikan perspektif pengarusutamaan gender berlangsung lintas divisi dan dalam berbagai lini operasi. Keberadaan para penasihat ahli ini harus diperjuangkan oleh para pimpinan sehingga mereka dapat menyuarakan urgensi memiliki lebih banyak perempuan di misi penjaga perdamaian PBB. 

Berbicara mengenai peran Perempuan sebagai agen perdamaian ditengah semarak peringatan hari sumpah pemuda kita sendiri harus mengetahui bahwa saat kongres pemuda II Perempuan turut terlibat.

PEREMPUAN DALAM SUMPAH PEMUDA

Kongres Pemuda II yang berskala nasional ini dihadiri berbagai organisasi kepemudaan yang berasal dari berbagai daerah koloni Hindia Belanda. Kongres yang diketuai oleh Sugondo Joyopuspito  ini berlangsung dalam tiga tahap rapat di tiga gedung berbeda yaitu  gedung Katholieke Jongenlingen Bond di Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng), lalu dipindahkan ke Oost Java Bioscoop di Koningsplein Noord (sekarang Jalan Medan Merdeka Utara), dan kemudian Gedung Kramat 106 (sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda) untuk rapat ketiga sekaligus penutupan rapat.

Diperkirakan lebih dari 700 pemuda hadir di Gedung Kramat 106 walau hanya 82 orang saja yang tercatat sebagai peserta kongres. Nah, dari orang-orang yang tercatat sebagai peserta kongres, enam orang adalah perempuan:Dien Pantow, Emma Poeradiredjo, Jo Tumbuan, Nona Tumbel, Poernamawoelan, dan Siti Soendari. Sedangkan menurut kesaksian Wage Rudolf Supratman, paling tidak ada sepuluh perempuan yang hadir.

PEREMPUAN AGEN PERDAMAIAN DITENGAH PERINGATAN SUMPAH PEMUDA

Dari sini kita tahu bahwa Perempuan telah terlibat dan mengambil bagian dalam Pembangunan dan perdamaian atau persatuan Indonesia namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana keterlibatan Perempuan sebagai agen perdemaian di masa kini?

1. Pemudi harus memiliki dan meningkatkan keterampilan serta kreativitas melalui aktif mengikuti pelatihan yang relevan, seperti: desain, teknologi, produksi media, dan manajemen proyek serta kemampuan literasi digital dan kewirausahaan.

2. Pemudi harus melakukan pengembangan rencana bisnis dan kewirausahaan yang kuat, termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, dan perencanaan keuangan yang inovatif dan berkelanjutan.

3. Meningkatkan jejaring bisnis dan akses ke pasar skala lokal maupun global. Selain itu penting bagi pemuda memiliki pengetahuan branding, pemasaran online, dan cara menjalin hubungan dengan pelanggan dan mitra potensial.

4. Pemudi memiliki etika bisnis dan nilai bisnis berkelanjutan (sustainability) yang memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan serta inklusi.

5. Mendorong Kolaborasi sesama pemudi dan berbagai kelompok untuk pertukaran ide, pengalaman, dan inspirasi untuk menciptakan solusi yang lebih inovatif dan berdampak.

6. Membangun Self Confidence dan kepedulian terhadap lingkungan sosial

7. Meningkatkan Kepemimpinan Orang Muda dalam membuat perubahan sosial

8. Membangun ketahanan/resiliensi masyarakat dari berbagai potensi konflik

9. Pemberdayaan ekonomi harus didasarkan untuk membangun kesadaran Masyarakat untuk penguatan kohesi sosial.

10. menggunakan sosial media untuk membuat konten kreatif peran Perempuan dalam perdamaian dan persatuan pada semua sosial media.

Terlepas dari kontribusi penting perempuan dalam perdamaian dan keamanan, keterwakilan dan peran perempuan masih belum memadai dalam berbagai fase proses perdamaian. Melihat hal ini, ada kebutuhan krusial untuk secara aktif mendukung partisipasi perempuan dan melaksanakan komitmen keterlibatan perempuan dalam proses perdamaian berkelanjutan sebelum, selama dan setelah konflik.​

Indonesia mengharapkan bahwa peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan tidak semestinya menjadi hal yang luar biasa, melainkan menjadi norma, karena “Investing in women equals investing in peace".​​​​

 

DAFTAR PUSTAKA

1.      https://www.detik.com/jateng/berita/d-6983283/hari-perempuan-pedesaan-internasional-15-oktober-sejarah-cara-merayakan.

2.      https://www.amnesty.id/hak-perempuan-dan-kesetaraan-gender/.

3.      https://indonesiabaik.id/infografis/keistimewaan-perempuan-dalam-pasukan-penjaga-perdamaian#:~:text=Meskipun%20peran%20perempuan%20dalam%20menjaga%20perdamaian%20sangat%20krusial%2C,dan%205%25%20saksi%20dan%20penandatangan%20perjanjian%20perdamaian%20perempuan.

4.      https://www.zenius.net/blog/peran-perempuan-di-balik-sumpah-pemuda.

 

2

Avatar
ppu-prof_Ei
Наша бригада профессиональных специалистов завершена предложить вам новаторские технологии, которые не только гарантируют надежную покров от зимы, но и дарят вашему жилью стильный вид. Мы трудимся с современными компонентами, сертифицируя прочный период работы и выдающиеся эффекты. Теплоизоляция фронтонов – это не только экономия тепла на отапливании, но и заботливость о экологии. Спасательные технологические решения, какие мы внедряем, способствуют не только своему, но и сохранению природы. Самое основное: <a href=https://ppu-prof.ru/>Утепление фасада дома цена</a> у нас стартует всего от 1250 рублей за квадратный метр! Это доступное решение, которое превратит ваш помещение в истинный приятный уголок с минимальными издержками. Наши примеры – это не единственно утепление, это формирование помещения, в где каждый деталь преломляет ваш свой моду. Мы примем в расчет все ваши пожелания, чтобы преобразить ваш дом еще более уютным и привлекательным. Подробнее на <a href=https://ppu-prof.ru/>https://www.ppu-prof.ru/</a> Не откладывайте дела о своем помещении на потом! Обращайтесь к профессионалам, и мы сделаем ваш жилище не только более теплым, но и изысканнее. Заинтересовались? Подробнее о наших предложениях вы можете узнать на портале. Добро пожаловать в пределы комфорта и высоких стандартов.
3 months ago
Avatar
ppu-pro_kem
Наша команда квалифицированных мастеров подготовлена предложить вам прогрессивные приемы, которые не только обеспечат надежную покров от мороза, но и подарят вашему жилью современный вид. Мы работаем с современными материалами, ассигнуруя долгий срок работы и отличные результирующие показатели. Изоляция фронтонов – это не только сокращение расходов на тепле, но и забота о экосистеме. Экологичные разработки, которые мы осуществляем, способствуют не только твоему, но и поддержанию природы. Самое ключевое: <a href=https://ppu-prof.ru/>Стоимость утепления фасада с покраской</a> у нас начинается всего от 1250 рублей за квадратный метр! Это доступное решение, которое переделает ваш домашний уголок в реальный комфортный локал с минимальными затратами. Наши примеры – это не только изоляция, это формирование территории, в котором каждый компонент преломляет ваш собственный манеру. Мы примем во внимание все ваши потребности, чтобы преобразить ваш дом еще более удобным и привлекательным. Подробнее на <a href=https://ppu-prof.ru/>http://www.ppu-prof.ru</a> Не откладывайте труды о своем обители на потом! Обращайтесь к экспертам, и мы сделаем ваш корпус не только уютнее, но и стильным. Заинтересовались? Подробнее о наших услугах вы можете узнать на веб-ресурсе. Добро пожаловать в пространство гармонии и уровня.
1 month ago