Muh. Fahri
19 Sep 2023 at 14:17


Makassar, berhasil mempererat ikatan persaudaraan dari latar belakang ras ~ budaya lewat lahirnya BIMP - East Asean Growth Area EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia, Phillipine) telah banyak program kerja yang telah dibangun salah satunya lewat program Budayaw Festival yang tahun ini berjalan ke-4 dengan tuan rumah Republik Indonesia. Budayaw berasal dari kata dayaw phillipine-tagalog yang artinya indah, baik dan budaya diambil dari tiga negara BIM asean.


 Sesuai namanya BIMP - EAGA artinya hanya melibatkan bagian tengah dan timur di wilayah empat negara, sebagaimana Brunei, Indonesia (bagian kalimantan, sulawesi, maluku, serta papua), Malaysia (bagian sabah, dan kinabalu, serta phillipine (bagian pulau palawan - pulau mindanao ). Acara ini beralangsung di makassar 1 - 5 september dan sangat meriah karena mendatangkan utusan dari negara ikatan BIMP - Eaga dan tentunya dalegasi Indonesia dari pulau kalimantan, sulawesi, maluku, dan papua (KASAMPA). Ada banyak event yang dirangkai selama 4 hari mulai pertunjukkan budaya dari masing - masing negara yang telah diseleksi ketat untuk mewakili negaranya dikutip dari dalegasi filipina sebegitupun dalegasi lainnya.Juga turut hadir workshop kuliner live action semua negara, penampilan kaleborasi yang bermodal 3 hari latihan, dan terakhir,yakni agenda ekskursi ke leang – leang, kabupaten maros dituruti dengan tor souvenir di jakan somba opu di hari ke empat.


Secara lumrah dan tidak disadari acara ini sangat penting, karena mempersatukan budaya Melayu, Filipina, Bugis, dan Papua. Event ini berlangsung seperti sea- games yang dilakukan setiap 2 tahun sekali dan dengan tuan rumah yang harus bergilir. 


Luar biasanya tahun ini terdapat anggota duta damai yang berpartisipasi terpilih menjadi LO. Pada event terbesar the part of east ASEAN.


Salam Damai, saat -nya Beraksi!.



Terimakasih,


Penulis: Muhammad Fahri

0