Patrichia Angelica Bemey
21 Aug 2023 at 12:12


PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation dalam melaksanakan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) dalam bidang peningkatan kualitas pendidikan serta peduli terhadap penanganan perubahan iklim memberikan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Selain bantuan berupa Bantuan Uang Pendidikan, Bantuan Biaya Hidup, dan Bantuan Pengembangan Kapasitas (Capacity Building), juga diberikan Bantuan Kegiatan Pelestarian Lingkungan atau Aksi Sobat Bumi.

 Sehubungan dengan hal tersebut, disampaikan beberapa hal yaitu: 1. Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun, Penerima Beasiswa Sobat Bumi Intake 2022 diwajibkan untuk melakukan Aksi Pelestarian Lingkungan yang bertemakan "Aksi Sabat Bumi : Hijaukan Kemerdekaan untuk Generasi Masa Depan)" 2. Aksi Sobat Bumi tahun 2023 memiliki 2 (dua) fokus kegiatan, yaitu : a. Aksi Tuntaskan Sampah b. Aksi Tanam Magrove 3. Kegiatan Aksi Sobat Bumi dilaksanakan secara berkelompok per Perguruan Tinggi atau dapat kolaborasi antar Perguruan Tinggi satu regional yang dilaksanakan pada periode waktu 15 - 22 Agustus 2023. Masing-masing kelompok untuk merancang kegiatan Aksi Sobat Bumi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku (TOR terlampir)

Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan ekosistem global adalah aktivitas manusia yang dampaknya dapat dirasakan pada kehidupan sehari-hari. Salah satu perubahan tersebut terjadi secara signifikan pada lingkungan. Sampah yang menumpuk dan bertebaran, debu dan asap dari kendaraan hingga perubahan iklim merupakan permasalahan nyata yang dirasakan oleh bumi kita. Alhasil kerusakan lingkungan menjadi isu yang tidak pernah selesai. Maka dari itu, SoBi sebagai salah satu green action agent dari Pertamina Foundation dihimbau untuk mengisi kemerdekaan RI ke 78 dengan turut memberikan aksi yang nyata demi terwujudnya ekosistem global yang lebih baik untuk generasi masa depan.

 

Aksi Sobat Bumi tahun 2023 mengusung tema "Hijaukan Kemerdekaan untuk Generasi Masa Depan" yang akan dilaksanakan dalam rangka kemerdekaan RI ke 78. Kegiatan akan dilaksanakan selama satu hari yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kondisi kalendar akademik dari masingmasing kampus. Satu hari tersebut dapat dipilih dari rentang 15-22 Agustus 2023. Aksi Sobat Bumi tahun 2023 memiliki dua fokus kegiatan, kegiatan tersebut yaitu Aksi Tuntaskan Sampah dan Aksi Tanam Mangrove.

Aksi Tanam Mangrove merupakan konsep green action yang dilakukan SoBi melalui kegiatan penanaman tanaman mangrove bersama mitra di ekosistem pesisir, seperti pantai, muara, dan sejenisnya.


19 agustus 2023 lalu, sobat bumi jayapura bersama pemerintah dan komunitas lainnya termasuk Duta damai dunia maya Papua juga ikut terlibat dalam aksi ini. kurang lebih 150 bibit mangrove ditanam bersama dan akan kembali dipantai perkembangannya beberapa waktu kedepan.


0