Devi Aprianti Putri S
18 Aug 2023 at 13:44


Tak terasa kemerdaan Indonesia telah mencapai angka ke 78 tahun. Siapa sangka, dibalik hari kemerdaan, berjuta-juta darah pahlawan telah berguguran di medan perang. Melihat kilas balik perjuangan pahlawan RI. Pastinya akan sangat menyayat hati.

Singkat cerita sejarah, Dimulai dari Peristiwa Pertemuan di Dalat, pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada sekutu atas peristiwa bom dijatuhkan diatas kota Hiroshima dan Nagasaki. Pertemuan Soekarno dan Mohammad Hatta dengan Jenderal Mayor Nishimura dan Laksamana Muda Maeda di Jakarta, untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Pada peristiwa Rengasdengklok. Yang mana akhirnya, Soekarno dan Mohammad Hatta akan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta. Setelah selesai memproklamasikan kemerdekaan, sore harinya Soekarno dan Mohammad Hatta kembali ke Jakarta bersama Ahmad Subardjo dan Sudiro.

Setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terjadi suatu kendala, yaitu bagaimana menyampaikan penyebaran berita atau informasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia.

Dengan penuh dengan perjuangan dalam menyebarkan Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satu orang yang berjasa dalam penyebaran berita Proklamasi Kemerdekaan yaitu Jusuf Ronodipuro, ia membuat pemancar radio baru setelah kantor berita Domei disegel dan karyawannya dilarang masuk.

Selain menyebarkan berita Proklamasi melalui media massa dan pemancar radio, berita Proklamasi juga disebarkan secara langsung oleh para utusan daerah yang menghadiri sidang PPKI pada 18 Agustus 1945. Para utusan tersebut antara lain, Teuku Mohammad Hassan dari Aceh, Sam Ratulangi dari Sulawesi, Ketut Pudja dari Sunda Kecil (Bali), dan A. Hamidan dari Kalimantan.

Proklamasi Kemerdekaan merupakan momen yang menyatukan berbagai suku, agama, dan budaya di Indonesia menjadi satu bangsa yang memiliki identitas nasional yang kuat. Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu hal yang berarti sehingga memberikan arti penting bagi bangsa Indonesia.

Berikut beberapa arti penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia.

  1. Merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah setelah berjuang selama berpuluh-puluh tahun sejak 20 Mei 1908.
  2. Sebagai informasi bahwa negara Indonesia telah melepaskan diri (merdeka) dari kurungan penjajahan bangsa lain.
  3. Sebagai titik balik untuk mencapai tujuan nasional bangsa dan sebagai titik awal lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  4. Sebagai titik awal penghentian segala bentuk penjajahan yang terjadi di Indonesia. Juga membentuk pemerintahan negara yang diakui oleh rakyatnya sehingga bisa menuju masyarakat yang adil dan makmur.
  5. Merupakan sumber hukum bagi pembentukan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dari Miangas sampai Rote dan dari Sabang sampai Merauke.
  6. Sebagai titik awal landasan cita-cita negara Indonesia karena cita-cita bangsa dan negara Indonesia tercantum di dalam pembukaan UUD 1945.
  7. Dijadikan sebagai alat hukum internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia bahwa bangsa dan negara Indonesia sudah lepas dari jajahan dan sudah memegang hak kemerdekaan secara de facto.

Hingga saat ini, walaupun hari kemerdekaan Indonesia sudah terlewati, jasa para pahlawan dan pengalaman mereka memperjuangkan hari kemerdekaan yang jatuh tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 tetap terasa hingga sekarang yang akan selalu diabadikan sebagai sejarah turun-temurun bangsa Indonesia.

0