Jaka Syahid
31 Jul 2023 at 18:03




DEKADENSI MORAL

Indonesia sedang menghadapi globalisasi, sejak berakhirnya revolusi industri 4.0 kini semakin berkembang menjadi society 5.0. menciptakan ilmu pengetahuan berbasis modern yang memanfaatkan Internet Of Things kecerdasan buatan, komputerisasi dan industri robot. Kemajuan teknologi membawa pengaruh besar terhadap perubahan tingkah laku remaja seperti dibidang budaya, etika dan moral.

Selain dampak positif, teknologi dapat memudahkan pekerjaa. Dampak negatif, Seperti media internet banyak mengandung unsur seks dan kekerasan. Dimana dengan mudahnya dapat diakses oleh para remaja dewasa ini. Sehingga konsekuensinya, kemerosotan moral terjadi pada seluruh generasi muda. Angka kekerasan serta konsumsi rokok dan obat-obatan terlarang cukup tinggi di kalangan remaja.

Selain itu, melihat di sekitaran kita banyak ditemui remaja berkata kasar kepada teman, saudara, bahkan orang tua, nongkrong, main gadget berlebihan dan salah satu yang sering mengganggu adalah provokasi radikalisme di media sosial. Seharusnya remaja bisa menggunakan waktunya untuk kegiatan yang lebih positif seperti memahami kesadaran, ketaatan, kepatuhan, keteraturan serta ketertiban diri.

Melihat fenomena tersebut, adapun solusinya yaitu perhatian semua pihak sangat diperlukan seperti keluarga, masyarakat, bahkan lingkungan lembaga organisasi. Duta Damai Dunia Maya mengajak para remaja untuk lebih memaksimalkan diri dalam menggunakan teknologi, serta memegang teguh budaya, mengajarkan etika dan moral yang baik.

Lewat konten-konten yang mengedukasi, membimbing para remaja untuk lebih aktif menebarkan kebaikan, persaudaraan, toleransi tanpa memandang latar belakang, ras, suku dan budaya. Sebagai generasi penerus bangsa mari torang terus menerapkan nilai toleransi, saling menghargai, dan tolong menolong antar sesama. Dengan saling menghargai perbedaan dan pluralisme akan menciptakan perdamaian di Indonesia. Salam damai. Torang Samua Basudara.

0