Vitra Yuqadhirza
16 Jul 2023 at 12:17


Layanan BSI Eror, Tiga Hari Berturut, Di Duga Kena Hack

Beberapa nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) mengeluhkan layanan yang tidak bisa digunakan. Situasi berlanjut hingga Senin pagi (8 mei 2023).

Beberapa pelanggan bahkan membagikan situasi mereka di jejaring sosial. Ada banyak keluhan tentang layanan BSI di Twitter.

“BSI error dari jam 8 pagi sampai malam ini. Saya tidak tahu kapan harus pulih. Kategori bank syariah terbesar dilaksanakan pada jam kerja pada hari kerja. "Maintenance yang memakan waktu lebih dari 13 jam belum terselesaikan," kata akun Twitter Opposite090192, Selasa (9 mei).

Ada juga yang mengunggah screenshot layar sebelum beralih ke aplikasi mobile banking BSI. Dengan caption yang mengejutkan. "Ya, wa'alaikumsalam

BSI mobile, saya berpikir untuk beralih ke bank lain. Penggunaan tidak boleh lebih dari 24 jam, dan juga tidak dapat dicairkan dari ATM dan ATM. Bisakah saya mengembalikan BNI Syariah tercinta atau tidak? Ini menjadi lebih rumit setelah perubahan jadi BSI,” kata pengguna Twitter @irtikcantik.

Solusinya adalah sistem perbankan syariah negara telah diretas. Atau apakah ransomware telah menjadi korbannya.

Sementara itu, manajemen BSI sebelumnya mengaku sistemnya memang terkena masalah. Tetapi tidak disebutkan apakah itu diretas atau tidak.

“Kami informasikan bahwa BSI saat ini sedang melakukan pemeliharaan sistem dan akan kembali normal secepatnya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah dalam menyelesaikan transaksi keuangannya hari ini.” Waspada penipuan yang mengatasnamakan BSI. Pastikan Anda menghubungi Bank Syariah Indonesia hanya dengan menghubungi 14040," kata manajemen BSI di Instagram resmi @banksyariahindonesia.

Manajemen kembali beberapa waktu lalu dan melaporkan bahwa perbaikan telah dilakukan. Dan pelanggan kini dapat menggunakan layanan tersebut kembali.

“Kami berterima kasih kepada para nasabah atas loyalitasnya kepada PT Bank Syariah Indonesia. Sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi pada layanan BSI, dapat dikatakan bahwa nasabah saat ini dapat melakukan transaksinya melalui cabang BSI dan ATM serta layanan mobile phone BSI secara bertahap telah tersedia kembali bagi nasabah,” jelasnya. (FO) 

Fathin Fadhillah (4022020058)

Mahasiswa FEBI IAIN Langsa

0