Patrichia Angelica Bemey
08 Jul 2023 at 09:56


Kunjungan presiden republik Indonesia ke tanah papua mulai dari 5 juli 2023, presiden Jokowi melakukan beberapa aktivitas selama kunjungannya ditanah papua yang di dampingi beberapa jajaran Menteri.

Cuaca cerah di Bandar Udara Ewer, Kabupaten Asmat, Papua Selatan,Di landasan bandara, tarian selamat datang dari warga Asmat menyambut presiden Joko Widodo – sebentuk kegembiraan bahwa pengembangan Bandar Udara Ewer yang dilakukan sepanjang 2018-2022 telah selesai.

Setelah pengembangan dengan biaya Rp287 miliar dari APBN, bandara ini memiliki landasan 1.650m x 30m yang mampu didarati pesawat tipe ATR72-600. Bandara Ewer juga dilengkapi terminal penumpang berkapasitas hingga 14 ribu penumpang per tahun.

Pengembangan Bandar Udara Ewer di Distrik Agats, Papua Selatan ditujukan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Asmat, membuka keterisolasian wilayah, dan mempercepat pengiriman logistik. Penerbangan dari Timika kini dua kali seminggu, dari Kamur dan Merauke masing-masing empat kali dalam seminggu. Saya berharap Kabupaten Asmat semakin berkembang dan maju.

Tiga bulan lalu, presiden menanam jagung di ladang dalam kawasan food estate Desa Wambes, Kecamatan Mannem, Kabupaten Keerom, Papua. Sekarang, 5 juli 2023 datang ke Desa Wambes dan melihat hasilnya.

Buah jagungnya besar-besar, meski ada yang masih kecil karena terlalu banyak air. Yang kecil-kecil ini langsung kita evaluasi bersama. Tapi ya, hal yang wajar mengingat ini ladang yang baru pertama kali ditanami jagung.

Meski demikian, hasil panen ladang jagung di Desa Wambes diperkirakan tetap melebihi standar nasional. Kira-kira hasilnya 7 ton per hektare, sementara standar nasionalnya 5,6 ton per hektare. Tanahnya sangat subur, tinggal mengelola airnya dengan baik.

 

6 juli 2023,kemarin. bertemu dengan anak-anak pelajar Papua di Jayapura, pagi ini, saya memberikan kuis matematika.
Anak-anak pelajar Papua ini rupanya telah mengikuti program belajar berhitung dengan metode "Gasing" (gampang, asyik, menyenangkan) yang digagas Profesor Yohanes Surya. Mereka yang tadinya tidak bisa berhitung, dalam dua minggu berlatih sudah bisa berhitung dengan cepat.

Untuk kepandaian dan kecekatan anak-anak pelajar ini dalam menjawab, saya akan mengirim sepeda-sepeda kepada yang beruntung.

Pada tanggal yang sama sekitar pukul, 09.00 WIT ,Untuk pertama kalinya Papua Street Carnival digelar di Kota Jayapura yang berlangsung hari ini. Wah, ramai dan mengesankan. Ada persembahan Tari Fuu dan tifa raksasa, parade tujuh wilayah adat Papua, persembahan lagu "Jan Ganggu" oleh Shine of Black, serta pertunjukan tari persahabatan Yospan. Ada juga parade baju karnaval yang terinspirasi dari kekayaan alam di Papua.

Meski pertama kali, ajang ini menjadi awal munculnya industri kreatif di tanah Papua. Kita berharap terus berkelanjutan. Industri kreatif di tanah Papua memiliki material, potensi, dan kekuatan yang besar. Potensi-potensi tersebut harus direncanakan dan dikelola dengan baik.

Pasar Pharaa di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura begitu ramai menjelang sore tadi. Saya datang berkunjung untuk mengecek secara langsung harga kebutuhan pokok, berbelanja buah-buahan, seraya membagi bantuan tunai dan sembako kepada para pedagang dan masyarakat di pasar ini.

Meninjau Waibu Agro Eduwisata di Kabupaten Jayapura, sore tadi. Di sini, kreativitas anak-anak muda Papua ditampung dan diberikan beragam pembelajaran, dari packaging, hidroponik, peternakan ayam, perikanan, dan sebagainya.

 

Source: Instagram @jokowi

Dok. DD PAPUA-EVENT PAPUA STREET CARNIVAL

0