Vitra Yuqadhirza
25 May 2023 at 10:53


JUAL BELI SEPEDA MOTOR MENGUNAKAN DUA HARGA YAKNI KREDIT DAN KONTAN DI KOTA LANGSA


Opini

 

 

Dalam kehidupan sehari hari, kita sering menemukan kondisi bahwa kebutuhan kita melakukan pembelian kredit kendaraan ataupun barang lainnya dipromosikan kepada kita dengan harga yang berbeda beda. Nah di kota langsa sendiri terdapat dua cara untuk dapat memiliki sepeda motor impian yakni kredit dan kontan. Provinsi Aceh telah menerapkan dan berupaya menghilangkan riba dari segi manapun dalam perekonomian tentu saja kita sebagai konsumen yang sedang berupaya membersihkan riba akan bertanya tanya, ini haram atau tidak ya, disatu sisi butuh motor, disisi lain takut haram.

 

 

Ada baik nya kita coba untuk mengali berbagai sumber kajian terhadap perihal ini, sehingga dapat menghilangkan keraguan pada diri kita.

 

Para ulama menyebut praktek jual beli kredit dengan istilah bai'ut taqsith dengan tambahan harga. Menurut pendapat yang kuat hukumnya adalah boleh, syarat yang harus dipenuhi adalah :harga, jumlah angsuran serta besaran tiap angsuran harus ditentukan sebelum berpisah;dan barang harus ada pada saat akad hak ini dijelaskan pada kitab ziyad ghozal, masyru'Qonunil buyu'fid Daultil islamiyah(aman:darul wathon, 2010) halaman 135.

 

Atas dasar di atas, maka jika semua pihak rela dengan salah satu tawaran, maka itu merupakan jual beli yang diperbolehkan syara' karena hukum asal jual beli adalah boleh. Asy asyafii mengatakan pada perinsip nya semua jual beli itu boleh asalkan dengan kerelaan dua belah pihak yang bertransaksi, kecuali jual beli yang dilarang oleh rasullah saw.

 

Nah lalu bagaimna dengan konsumen yang ingin membeli secara tunai tapi di persulit?


Nah di shorom kota langsa sendiri memiliki ke unikan yang sudah dikenal di khalayak umum yaitu jika seorang konsumen ingin membeli secara tunai mereka akan disuruh menunggu 3 sampai 6 bulan untuk sepeda motor yang ingin mereka beli. Tapi ketika konsumen ingin membeli secara kredit mereka akan memberikan stock yang sudah ada di dalam shorom ke pada konsumen tersebut dan menayangkan apakah itu mau dibawa pulang langsung atau dikemudian hari dengan syarat sudah melakukan transaksi berupa DP dan sisanya akan di kredit sesuai dengan aturan yang telah disepakati.



Hal ini sangat disayangkan karena mempersulit konsumen yang ingin memiliki sepeda motor secara tunai dengan menghindari kredit, agar tidak menjadi utang piutang dimasa depan karna mereka takut bila sesuatu terjadi maka mereka tidak sanggup menutupi tagihan kredit nya di kemudian hari. Alangkah baik nya jika konsumen yang ingin membeli sepeda motor tidak mendapat perlakuan seperti itu. Pihak showrom mungkin dapat menambah sedikit harga sepeda motor sesuai yang disepakati antara konsumen dan penjual tanpa mempersulit mereka. Kredit memang di perbolehkan tapi cobalah untuk menghindari kredit itu jauh lebih baik mengingat kita sudah menganut sistem syriah di Aceh ini mungkin dapat menambah dampak positif kepercayaan masyarakat terhadap perekonomian syariat islam di Aceh.

Nama : Rahmawati
Judul bantahan : Jual beli sepeda motor menggunakan dua harga yakni kredit dan kontan di kota langsa

0