Desy Alvionita
16 May 2023 at 15:37


Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) melalui Pusat Media Damai (PMD) menggelar regenerasi Duta Damai Regional Kalimantan Timur. Acara ini berlangsung pada tanggal 15-17 Mei 2023 di Hotel Harris Samarinda. Duta Damai Kalimantan Timur menjadi regional pertama yang melakukan regenerasi duta damai di tahun 2023.

Kegiatan ini menghadirkan berbagai narasumber yaitu, Kasubdit Kontra Propaganda BNPT RI Kolonel Sus Drs. Sholihuddin Nasution, M.Si, Ketua FKPT Provinsi Kalimantan Timur H. Ahmad Zubaidi, S.Sos., M.Si, serta pejabat Pusat Media Damai. Pelatihan dalam Regenerasi Duta Damai ini dilakukan sebagai wujud sinergisitas antara BNPT dan pemuda dalam meminimalisir ancaman radikalisme & terorisme, melawan narasi intoleran, serta hoaks yang ada di dunia maya. 

Regenerasi Duta Damai ini digelar agar meningkatkan peran dan kontribusi pemuda pegiat dunia maya di Kalimantan Timur yang sebelumnya sudah dibentuk tahun 2018 dan 2020 lalu, dengan merangkul pemuda yang memiliki keahlian di bidang Blogger (Penulisan), Desain Komunikasi Visual, dan IT. Regenerasi ke-3 Duta Damai Regional Kalimantan Timur ini diikuti sebanyak 40 peserta yang akan dibimbing oleh mentor dari Pusat Media Damai (PMD) serta dibekali pengetahuan tentang narasi perdamaian. Sehingga dapat memproduksi konten yang nanti disebarkan melalui dunia maya. 

Kasubdit Kontra Propaganda BNPT RI, Kolonel Sus Drs. Sholihuddin Nasution, M.Si yang ditemui di sela-sela acara mengatakan bahwa perbedaan entitas yang dimiliki Indonesia merupakan suatu anugerah yang berikan Tuhan. Hal ini pun dapat dijadikan peluang oleh kelompok intoleran yang menyalahgunakan perbedaan. Sehingga diharapkan bagi para pemuda untuk menjadikan perbedaan ini sebagai "modal" dalam membangun bangsa. 

"Tuhan bisa saja menciptakan kita hanya 1 golongan, tapi Tuhan menciptakan kita berbeda sehingga ini menjadi suatu anugerah untuk kita. Kita harus bangga menjadi Indonesia dengan kebhinekaannya" ujar Kasubdit Kontra Propaganda BNPT RI.

Lebih lanjut Kasubdit Kontra Propaganda BNPT RI mengatakan bahwa Duta Damai harus menjadi role model serta berkontribusi untuk masyarakat. Generasi muda juga harus peduli dengan perubahan zaman agar tidak tergerus dengan perkembangan. "Saya berharap generasi muda yang tergabung dalam Duta Damai Kaltim sebagai pelopor dan role model bagi generasi muda di daerahnya agar berkontribusi kepada masyarakat, karena sebaik-sebaiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain" pungkasnya.

Kedepannya Duta Damai yang baru akan bergabung dengan anggota Duta Damai Regional Kalimantan Timur yang telah dikukuhkan sebelumnya untuk berperan aktif menyebarkan narasi perdamaian di dunia maya.

0