Vitra Yuqadhirza
09 Jan 2023 at 19:25


MEWUJUDKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI PADA ANAK USIA DINI


Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang ada dijalur pendidikan sekolah. Pendidikan prasekolah adalah pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan, jasmani dan rohani anak diluar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar. Usaha ini dilakukan supaya anak usia 4-6 tahun lebih siap mengikuti pendidikan selanjutnya. Pendidikan yang berbasis pada kreativitas sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan anak. Mengembangkan kreativitas merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi anak sejak dini. Karena pada masa ini potensi kreativitas anak sedang dalam puncak perkembangan untuk diasah dan diarahkan. Potensi kreativitas yang tidak kalah pentingnya bagi perkembangan kreativitas anak yaitu kreativitas anak dalam mewarnai gambar.

Mewarnai adalah kegiatan sederhana yang dapat membantu anak-anak berkembang secara kognitif dan psikologis. Apalagi, mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari anak-anak. Kreativitas dalam mewarnai memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat bakat anak usia dini. Mewarnai dapat memicu imajinasi dan menginspirasi anak-anak untuk bertukar pikiran dan belajar memikirkan ide-ide baru secara alami. Ada banyak manfaat mewarnai bagi anak, yaitu: Melatih anak mengenal aneka warna dan nama-nama warna , melatih anak untuk memilih kombinasi warna dan membantu anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan warna, stimulasi daya imajinasi dan kreativitas, melatih mengenai objek sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mereka mewarnai, melatih anak mengenal garis batas bidang, melatih keterampilan motorik halus anak sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan kemampuan menulis , melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon.

Selain itu, aktifitas mewarnai ini bisa meningkatkan keterampilan pada diri anak. Keterampilan diperoleh dari kemampuan anak pada saat mengolah tangan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam mewarnai, sehingga semakin lama anak bisa mengendalikan serta mengarahkan sesuai yang dikehendaki. Memberi warna dengan rapi pada tempat-tempat yang telah ditentukan, semakin lama anak akan semakin terampil untuk menggoreskan media pewarnanya karena sudah terbiasa. Dengan begitu keterampilan anak akan terbentuk dalam hal yang lainnya.


Mewarnai sangat baik bila diperkenalkan sejak dini oleh anak usia pra sekolah, tetapi yang harus kita ingat, jangan pernah melarang anak untuk mengkreasikan imajinasinya. Baik dalam segi pewarnaan maupun dalam menggambarnya. Dengan diadakan kegiatan mewarnai ini dapat membantu anak menyalurkan bakatnya melalui kegiatan mewarnai tersebut.

Karena bakat kreativitas pada anak akan tumbuh dan berkembang jika didukung dengan fasilitas dan kesempatan. Cara mendidik dan cara mengasuh anak yang disesuaikan dengan pribadi dan kecepatan masing-masing anak, sehingga tidak ada penekanan atau paksaan dalam mendidik anak.

kreativitas sangat lah penting untuk dikembangkan pada usia dini, dengan berkreasi anak dapat mewujudkan dirinya, sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah meningkatkan kualitas hidupnya. Oleh karena itu, kreativitas sangatlah penting dikembangkan pada anak sejak dini untuk persiapan kehidupan di masa dewasanya, karena banyaknya permasalahan serta tantangan hidup yang menuntut kemampuan adaptasi secara kreatif dan kepiawaian dalam mencari pemecahan masalah yang imajinatif. 

Anak yang memiliki potensi kreativitas alami, maka akan senantiasa menumbuhkan aktivitas yang sarat dengan ide-ide kreatif. Secara kodrati anak memiliki kemampuan untuk mempelajari sesuatu menurut caranya sendiri. Untuk mempertahankan daya kreatif dan keterampilan pada anak, guru harus memperhatikan sifat natural anak-anak yang sangat mendukung tumbuhnya kreativitas. Sifat-sifat alamiah yang mendasar inilah yang harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan oleh guru sehingga sifat kreatif mereka tidak hilang. 

Kegiatan mewarnai ini adalah bentuk dari usaha mahasiswa untuk membangun kreativitas pada anak di Yayasan Pendidikan Riyadhus shalihin Jln.Prof.A Majid Ibrahim Kel. Lhok Banie  Kec. Langsa Barat, Langsa sekaligus bentuk nyata program KKN-dr (KS) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa IAIN Langsa.



Ditulis Oleh : Muhammad Rahmanda

Nim : 3032019025

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Iain Langsa

Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir


0