Vitra Yuqadhirza
09 Jan 2023 at 18:51


Meningkatkan minat belajar Al-qur'an dan menghafal ayat pendek bagi anak TPA Nurul Ikhlas di Gampong Meurandeh Dayah

Al-Qur’an merupakan kitab suci ummat islam yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat jibril dan Al-Qur’an juga merupakan sumber kemuliaan ummat islam sehingga siapapun yang menjadikan Alqur’an sebagai pedoman hidup,maka hidupnya menjadi tentram dan terarah.

Membaca Al-Qur’an termasuk ibadah paling utama yang memiliki berbagai keutamaan. Bahkan, ibadah membaca Al-Qur’an ini akan diganjar dengan pahala yang berkali-kali lipat.

Mempelajari Al-Qur’an sudah menjadi kewajiban dikalangan kita sebagai ummat islam dari iqra,juz amma dan Al-Qur’an sudah menjadi ilmu turun temurun dari leluhur kita, bahkan sudah menjadi rutinitas sehari-hari anak TPA Nurul Ikhlas di Gampong Meurandeh Dayah, yang sudah menjadi kegiatan pengajian rutin di Gampong Meurandeh Dayah.

TPA Nurul Ikhlas terletak di Gampong Meurandeh Dayah kec, Langsa Lama. Anak-anak rutin mengaji dari hari senin sampai hari sabtu. Tetapi sangatdi sayangkan kurang nya minat anak-anak dalam mengikuti kegiatan mengaji di TPA tersebut.namun beberapa permasalahan yang harus di perbaiki adalah kemampuan membaca al-qur’an dan menghafal ayat dikarnakan minat mengaji sangat minim. Semua itu di karnakan mereka lalai bermain belajar mengaji ketika guru  nya memberikan teguran sianak merek tidak menghiraukan sama sekali teguran tersebut.

Lantas bagai mana cara guru mengatasi hal tersebut?. Maka guru membuat sistematis pempelajaran yang menarik. Contoh nya membuat ajang perlombaan, yang memicu semangat para murid dalam mengikti kegiatan mengaji atau belajar al-qur’an di balai TPA Nurul Ikhlas. Sehingga dengan hal itu menimbulkan gairah atau semangat murid dalam mengikuti setiap kegiatan yang berhubungan dengan mempelajari al-qur’an.

Selain itu  ada metode yang di gunakan oleh guru balai TPA tersebut yakni membuat beberapa kelompok untuk menghafal ayat-ayat pendek.sehingga acuan nya adalah teman satu kelompok sendiri.

Mengapa ummi indun membuat sistematis seperti itu,agar anak-anak di TPA Nurul Ikhlas lebih semangat untuk belajar membaca dan menghafal ayat al-qur’an.makah bisa meningkatkan kemampuan anak membaca al-qur’an dan menghafal ayat pendek dengan benar dan lancar,serta menumbuhkan gairah anak untuk mempelajari al-qur’an dengan semangat.

Dengan adanya TPA ini potensi keberhasilan dalam menuntut dan mengukir prestasi dalam bidang membaca Al-qur’an menjadi lebih tinggi bagi anak-anak, selain itu juga dapat menciptakan generasi yang mencintai agama Islam di Gampong Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, provinsi Aceh.

Narasumber Ummi Indun  (20 Desember 2022)

 

Penulis : Mentari Kasih, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa




0