Novy Listiana
09 May 2020 at 09:01


Halo teman-teman. Selamat tanggal 1 Mei alias Hari Buruh Internasional!

Hari Buruh atau yang lebih seringnya disebut May Day merupakan hari yang sangat bersejarah. Bagaimana tidak, perjuangan untuk sampai pada titik ini tidaklah mudah. Banyak kisah perjuangan, politik-diplomatis di dalamnya. Namun terlepas dari kisah panjangnya, apakah teman-teman sudah paham betul penulisan May Day? Jangan-jangan teman-teman sering mengetiknya dengan tulisan :

Kalau benar demikian, setelah membaca tulisan ini, teman-teman harus berfikir ulang untuk menulis May Day dengan tulisan mayday, serta menginformasikannya ke teman-teman lainnya.

Meskipun perbedaan tulisannya sangat sederhana ternyata May Day dan mayday merupakan kata dengan pengertian yang sangat berbeda. Apa yang membedakan antara keduanya? Berikut informasinya.

May Day, merupakan Hari Buruh Sedunia atau Hari Buruh Internasional yang diperingati tiap tanggal 1 Mei. May Day lahir dari gerakan delapan jam kerja yang dilakukan di Amerika Serikat tahun 1866 dan berpuncak tahun 1886 di Heymarket, Chicago, Amerika Serikat (AS). May Day merupakan bentuk peringatan hari buruh dari pemerintah untuk mengapresiasi kerja para buruh yang secara bersama-sama membantu perekonomian bangsa.

Sedangkan kata mayday tidak pernah menjadi pertanda baik, alias berarti situasi yang mengancam jiwa. Merupakan istilah yang berasal dari bahasa Prancis yakni m’aidez, kata mayday digunakan dalam penerbangan untuk memberitahukan bahwa pesawat sedang dalam kondisi darurat yang memiliki arti “tolong aku”. (SOS)

Apakah Penggunaan Kata mayday merupakan kata resmi untuk penerbangan dengan kondisi demikian?

Ya. Penggunaan kata mayday secara resmi ditetapkan pada acara International Radiotelegraph Convention of Washington, di AS pada 1927. Kata ini umum dipakai oleh beragam profesi yang membutuhkan koordinasi dengan pihak lain dengan jarak yang tidak dekat, seperti pilot, nahkoda, polisi, pemadam kebakaran, dan beberapa profesi lain untuk menginformasikan adanya keadaan bahaya atau darurat yang dapat mengancam jiwa.

Jika teman-teman sering menonton film action, tidak jarang kita jumpai kode darurat ini dalam dialog pemerannya. Kode mayday sendiri pertama kali dipakai pada tahun 1923 oleh Frederick Stanley Mockford, petugas radio senior di Croydon Airport, London, yang saat itu  diminta untuk mencari kata yang mudah dipahami oleh semua petugas dan awak penerbang ketika tengah bertugas dalam keadaan darurat. Karena banyak lalu lintas pada waktu itu antara Croydon dan Bandara Le Bourget di Paris, ia mengusulkan ungkapan “mayday” dari m’aider Prancis (‘tolong aku’), bentuk singkat venez m’aider (‘datang dan bantu saya ‘). Sebelum panggilan suara “mayday“, kita mengenal SOS adalah kode Morse yang setara dengan panggilan mayday. Namun pada tahun 1927, Konvensi Radiotelegraph Internasional Washington mengadopsi panggilan suara mayday sebagai panggilan telepon radio menggantikan panggilan SOS telegrafotel radio (kode Morse). Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan hari buruh atau May Day.

Bagaimana cara menerapkannya?

Dalam penerapannya, untuk memberi tahu ketika pesawat yang diterbangkannya dalam kondisi darurat pilot harus mengucapkan kata mayday selama tiga kali berturut-turut, untuk menghindari kesalahan penerimaan atau salah dengar penerima dalam keadaan yang berisik pada radio, dan juga dilakukan untuk membedakan panggilan darurat yang sebenarnya dengan berita tentang panggilan darurat. Panggilan darurat ini sangat diperlukan dalam keadaan genting yang sangat memerlukan bantuan kepada siapapun yang dapat membantunya dalam keadaan genting.

Yang membedakan antara kata May Day untuk peringatan hari buruh dan mayday untuk menandakan pesawat terbang dalam kondisi darurat cukup sederhana yaitu May Day ditulis untuk Hari Buruh. Penulisannya terpisah dalam huruf besar. Sebaliknya kata mayday untuk menunjukan pesawat dalam kondisi darurat ditulis menjadi satu kata menggunakan huruf kecil.

Oke, sekarang teman-teman sudah tahukan perbedaan antara May Day dan mayday. Langsung terasa deh creepy nya kalau di ucapin “Happy mayday”.

By:nov

0