Vitra Yuqadhirza
09 Jan 2023 at 18:42


Peran TPA Nurul Ikhlas Dalam Motivasi Belajar Mengaji (Agama) dari Penerapan Seni Variasi Selawat Bagi Anak-anak Di Desa Meurandeh Dayah

TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) merupakan suatu lembaga pendidikan Islam yang mengajarkan kepada anak-anak untuk menjadi manusia yang mencintai al-Qur’an dan berperilaku sesuai dengan ajaran al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. 

Pada saat ini banyak TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) yang berkembang di Aceh, khusunya di Desa Meurandeh Dayah, kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Nama dari salah satu TPA yang ada di Desa Meurandeh Dayah yaitu TPA Nurul Ikhlas.  TPA ini sudah berdiri sejak tahun 2006, pembelajaran dilakukan dibalai.

TPA ini dipimpin oleh Ummi Indun. Di TPA ini mengajarkan pelajaran Al-Quran dan kitab seperti Fardhu ‘ain, akhlak, dan lain lain. Metode pembelajaran yang dipakai di TPA ini adalah metode sorogan yaitu metode pembelajaran Al-Quran, Iqra, dan Juz Amma secara individual dimana setiap santri menghadap secara bergiliran untuk membaca, dan menghafal bacaan memakai tajwid dan makharijul huruf yang telah diajarkan sebelumnya. Kegiatan sebelum memulai pengajian ini anak-anak tersebut terlihat begitu antusias dengan langsung membentuk lingkaran-lingkaran kecil untuk menunggu giliran mengaji yang diajarkan oleh para uminya. Langkah awal dengan membaca do'a, dan membaca surat pendek. Selesai pengajian berakhir ditutup dengan doa, shalawat, dan membaca lagu anak-anak nabi dengan lagu yang bervariasi.

 Kemudian metode pembelajaran sekaligus pelatihan yang digunakan yaitu dengan metode pelatihan variasi irama shalawat nabi, mulai dari yang irama terdahulu sampai variasi irama shalawat versi modern, dan metode iqra' (membaca). Yang kesemuanya itu bertujuan agar menjadi motivasi semangat santri dalam proses belajar, kemudian juga agar para santri tidak merasa jenuh, sekaligus memberikan kesempatan kepada para santri untuk berkembang secara optimal sesuai kemampuan dan kompetensi.

Data terakhir murid awal bulan Desember 2022 berkisar 30 anak, dengan usia mulai dari 5 tahun sampai 15 tahun. Jam pengajian TPA ini mulai dari jam 18.00 s/d 20.30. Pada pukul 18.00 santri sudah berada di TPA untuk shalat berjama'ah di TPA tersebut sebelum memulai pengajian. Jam pengajian dimulai setelah santri selesai shalat berjama'ah.

Banyak prestasi yang diukir dari TPA Nurul Ikhlas ini salah satunya memenangkan lomba seni membaca Al Qur'an dan mengikuti lomba seni selawat tingkat TPA, dan lomba adzan bagi santi yang laki. Setiap ada perlombaan keagamaan, TPA ini selalu mengirim salah satu murid terbaik untuk mengikuti lomba tersebut, tak heran jika banyak prestasi yang diukir di TPA ini.

Dengan adanya TPA ini potensi keberhasilan dalam menuntut dan mengukir prestasi dalam bidang agama Islam menjadi lebih tinggi bagi anak-anak, selain itu juga dapat menciptakan generasi  yang mencintai agama Islam di Desa Meurandeh Dayah. Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh.

Narasumber Ummi Indun (20 Desember 2022)

 

Penulis : Mentari Kasih, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa

0